Tutup
Nasional

Webinar Kemenkominfo: Hati-hati dalam Jual Beli Online

×

Webinar Kemenkominfo: Hati-hati dalam Jual Beli Online

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes -Kehadiran marketplace di internet semakin mempermudah sistem transaksi dan distribusi barang di Indonesia.

Meskipun banyak kemudahan yang ditawarkan dalam proses transaksi namun masih banyak juga kasus-kasus dalam jual beli online yang merugikan para pelanggan.

Advertisment
Scroll hingga akhir

Dalam webinar kali ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengusung tema “Hati-hati dalam Jual Beli Online”.

Cecep Nurul Alam, ST., MT, salah satu pembicara dalam webinar tersebut mengatakan, setidaknya harus ada langkah-langkah dan pengetahuan yang cukup untuk melakukan transaksi online.

“Jangan tergiur harga murah. Bandingkan dulu harganya di market place lain, sebelum mengambil keputusan, katanya kepada media ini, Rabu 17 Mei 2023.

Lanjut Cecep, sebelum mengambil keputusan, pastikan transaksi yang dilakukan sesuai prosedur market place. Jangan sekali-kali kata dia, melakukan transfer melalui rekening pribadi penjual.

Pada webinar kali ini, Cecep akan membahas tentang kecakapan digital.

Bagaimana cara aman bertransaksi digital, cermat mengenali risiko penipuan saat bertransaksi digital, tips aman bertransaksi menggunakan jaringan digital, adalah beberapa yang akan dibahas Cecep dalam webinar.

Sementara itu, pembicara lainnya,
Dr. Dirgantara Wicaksono, akan membahas tentang keamanan digital, dengan topik khusus; Jual Beli Aman, Waspada Penipuan Online.

Ia akan memaparkan latform mana saja yang aman untuk jual beli online, apa yang harus diperhatikan dan dilakukan saat jual beli online, dan bagaimana terhindar dari penipuan transaksi palsu.

Selain Cecep dan Wicaksono, pemateri lainnya adalah Chika Audhika, S.I.A., C,PS.
Ia akan membahas tentang budaya digital.

“Jangan asal jual beli Online, Kenali Privasi dan Keamanannya,” demikian topik yang akan ia bahas.

Kegiatan ini akan dipandu oleh Amar Hamdani, Amd., bersifat gratis dan terbuka untuk umum. calon peserta cukup meng-klik link ini: https://s.id/registrasikabbuol_1905
dan akan terhubung dengan form registrasi untuk mendapatkan token beserta link zoom yang akan menghubungkan mereka dengan ruang seminar.

Peserta yang beruntung, akan mendapatkan hadiah menarik berupa dompet digital. Semua peserta akan mendapatkan E-sertifikat. Khusus bagi mereka yang baru dalam mengikuti kegiatan seperti ini, tentu akan menjadi pengalaman berkesan bagaimana belajar, menambah pengetahuan tentang Literasi Digital. Makanya, bagi anda yang belum pernah mengikuti kegiatan yang dilaksanakan Kemenkominfo, ini adalah kesempatan yang baik untuk anda.

Untuk diketahui pada 2023 ini, Kominfo memfokuskan kegiatan Literasi Digital di wilayah Sulawesi dan sekitarnya. Sejak Februari tahun ini, pihak penyelenggara sedikitnya telah melaksanakan puluhan kegiatan serupa dan memfokuskan kegiatan di beberapa kabupaten di Sulawesi Tengah. Dan kali ini, penyelenggara menyasar komunitas-komunitas di Sulteng.

Sejak 2021, Kominfo telah melaksanakan kegiatan Literasi Digital kepada 14.641.097 orang. Pada tahun 2022 juga menargetkan 5.500.000 orang. Kominfo menargetkan kegiatan ini bisa menyasar 50 juta orang penduduk Indonesia pada tahun 2024.

Karena itu, dibutuhkan penyelenggaraan Kegiatan literasi digital yang massif di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait Literasi Digital dalam bentuk Seminar dan Diskusi secara online dengan target penduduk di wilayah tersebut, khususnya di segmen Komunitas.*