Tutup
Nasional

Kakanwil Kemenkumham Sulteng Peringati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 di Lapangan Upacara Kemenkumham RI

11
×

Kakanwil Kemenkumham Sulteng Peringati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 di Lapangan Upacara Kemenkumham RI

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, Kabar Selebes – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kemenkumham Sulteng) Peringati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 di Lapangan Upacara Kemenkumham RI, Kamis, (1/6/2023) pagi.

Dengan mengenakan kain ulos khas suku Batak, Kakanwil menuturkan bahwa Hari Lahir Pancasila merupakan momentum yang sangat sakral bagi seluruh bangsa Indonesia, ia menegaskan bahwa Pancasila adalah pandangan hidup yang merupakan pemersatu dari keanekaragaman suku, budaya, agama dan ras yang dimiliki Indonesia.

Advertisment
BACA JUGA :  Kakanwil Kemenkumham Sulteng : tak ada Peredaran Narkoba dari dalam Lapas
Scroll hingga akhir

“Kain ulos ini adalah satu dari jutaan aset kebanggaan yang kita miliki, kita patut berbangga untuk mengenakan pakaian adat yang kita miliki ini, apalagi kita semua telah disatukan dengan Pancasila, yang bukan hanya sebagai dasar dari segala hukum. Namun, juga sebagai pandangan hidup kita bangsa yang besar,” ungkap Kakanwil.

BACA JUGA :  16 Narapidana di Sulawesi Tengah dapat Remisi Khusus Hari Raya Nyepi

Pada pelaksanaanya, upacara dipimpin langsung oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI, Andap Budhi Revianto serta turut diikuti oleh para Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Unit Utama, para Kakanwil diseluruh Indonesia serta segenap jajaran Kemenkumham RI.

“Bapak Sekjen tadi sampaikan amanat dari Bapak Presiden, beliau mengharapkan agar kita dapat mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian. Tentu, ini menjadi instruksi yang sangat tegas dan harus kita implementasikan. Kalau untuk jajaran kami di Sulteng, kami pastikan bahwa kesatuan dan persatuan adalah hal yang paling utama. Seperti gaung kami, kalau bukan kita siapa lagi! Dengan bergotong royonglah kita bisa membawa Kementerian, Bangsa dan Negara ini menjadi lebih baik lagi,” pungkas Kakanwil.***

BACA JUGA :  Kanwil Kemenkumham Sulteng Kembali dapat 2 Penghargaan dari Balitbang Hukum dan HAM