Tutup
Sulawesi Selatan

Sukses Digelar, Pertamina Beri Dukungan Penuh Kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo 2023

×

Sukses Digelar, Pertamina Beri Dukungan Penuh Kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo 2023

Sebarkan artikel ini
Mobil tangki BBM milik Pertamina (foto: ist)

MAKASSAR, Kabar Selebes – Kegiatan Multilateral Naval Exercise (MNE) Komodo ke-4 yang diselenggarakan di perairan Makassar pada tanggal 4 hingga 8 juni 2023, sukses digelar.

Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi ikut mendukung secara penuh kegiatan tersebut dengan memasok kebutuhan BBM seperti Pertamina Dex, Pertamax, Pertalite dan Biosolar/solar baik untuk kegiatan didarat dan dilaut.

Advertisment
Scroll hingga akhir

Area Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw menyampaikan bahwa Pertamina mendukung penuh kegiatan MNE Komodo 2023.

“Kami melayani kebutuhan BBM didarat dengan menyiapakan 2 mobil tangki BBM kapasitas 5 KL dan 2 mobil tangki kapasitas 16 KL dengan jenis produk BBM yaitu, Pertamina Dex, Pertamax, Pertalite dan Biosolar untuk mendukung kegiatan mobilisasi kendaraan darat TNI AL, sedangkan untuk melayani kebutuhan BBM dilaut kami menyiapkan 3 kapal tanker masing-masing berkapasitas sekitar 300 KL dimana pengambilan dan pengangkutan BBM dari supply point dilakukan sebanyak 2 kali sandar untuk memenuhi kebutuhan sekitar 2000 KL BBM Pertamina Dex dan solar,” ujarnya.

BBM yang disediakan oleh Pertamina digunakan untuk latihan non-perang yang melibatkan 36 negara dengan mengedepankan kerja sama maritim di kawasan regional, penanggulangan bencana, serta operasi kemanusiaan guna mempererat kerja sama antara TNI AL dengan negara-negara sahabat.

Fahrougi menambahkan, Berkat kerjasama dan koordinasi dengan pemangku kepentingan pemerintah kota makassar, provinsi Sulawesi Selatan beserta Lantamal VI Makassar, pihaknya menjamin stok BBM aman dan tersedia.

Nura Staff Lantamal VI Makassar saat menerima pasokan BBM menyampaikan apresiasinya kepada Pertamina.

Dalam kegiatan ini, selain mendukung kebutuhan BBM, Pertamina juga menyiapkan sarana dan prasarana lebih optimal lagi khususnya di Integrated Terminal Makassar yang berada di kota Makassar agar siap siaga dalam mensuplai kebutuhan BBM serta LPG di wilayah Sulawesi Selatan.

“Selain itu juga, untuk mengantisipasi tingkat kunjungan dari berbagai negara, kami selalu siap sedia menjaga ketahanan stok dan ketersediaan BBM, serta kenyamanan pengisian BBM di SPBU  yang berada di wilayah lokasi sekitar acara,” tutup Fahrougi.

Parade kapal perang peserta MNEK di Selat Makassar menandai penutupan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) ke-4 tahun 2023 yang digelar dengan sukses.

MNEK acara dua tahunan sekali ini digelar bertujuan membangun kerja sama yang positif diseluruh angkatan laut dunia. MNEK ini bukan latihan yang bersifat tempur tetapi lebih ke latihan yang bersifat bantuan (operasi) kemanusiaan, Humanitarian Assistance and Disaster Relief (HADR).***