Sulawesi Tengah

Kominfo bagi Kiat Aman Berselancar di Internet

45
×

Kominfo bagi Kiat Aman Berselancar di Internet

Sebarkan artikel ini

MANADO, Kabar Selebes – Keamanan menjadi satu aspek penting dalam setiap kegiatan, termasuk di dunia maya.

Keamanan, menjadi salah satu pilar Literasi Digital, karena dianggap sangat penting.

Dalam interaksi sosial melalui internet, banyak persoalan bersifat teknis yang bisa menjadi awal dari sebuah tindakan negatif, bahkan kriminal.

Semua itu bisa terjadi jika kita tidak mumpuni dalam pengetahuan teknis, seperti menggunakan aplikasi atau mengelola akun media sosial.

Kali ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali membahas topik tentang Keamanan Digital dalam webinar bertajuk “Kita Aman Berselancar di Internet”.

Webinar ini akan berlangsung pada Senin, 24 Juli 2023, melibatkan KNPI Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Adalah Yunus Susilo ST, MT, dosen Teknik Geomatika Fakultas Teknik Unitomo, yang menjadi salah satu pembicara dalam webinar tersebut.

Ia akan membahas tentang Etika Digital.
Saring Sebelum Saring, adalah topik khusus yang akan ia bahas.

BACA JUGA :  Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi tingkatkan Pelayanan Pemerintah di Sulawesi Tengah

Pilah-pilih sebelum sebar konten, cerdas berinternet, gunakan logika untuk bedakan fakta dan hoaks, serta tips memilih informasi yang harus dibagikan agar konten selalu positif, adalah beberapa poin yang akan ia sampaikan.

Kemudian pembicara kedua adalah Dirgantara Wicaksono. Founder Backpacker Teacing dan dosen ini akan membahas Budaya Digital.

Sebagai bentuk peringatan, topik yang akan ia bahas adalah “Waspada penipuan daring”.

Kenali jenis-jenis penipuan daring, tips dan trik menghindari penipuan daring, serta hal apa saja yang harus dilakukan jika menjadi korban penipuan daring, akan menjadi pembahasannya.
 
Sementara itu, Gilang Alvianto, Founder dan Owner dari komunitas Milenia Guest House ini akan membahas tentang kecakapan digital.

Melalui topik “Hati-hati Rekam Jejak Digital”, ia akan mengajak para peserta untuk mengenali apa itu rekam jejak digital, bagaimana menjaga agar jejak digital tetap positif, serta mengapa penting menjaga rekam jejak digital, dan bahaya yang mengintai para pemilik akun.

BACA JUGA :  Webinar Kemenkominfo: Waspada Pinjol Ilegal

Kegiatan ini akan dipandu Angga Andrias, S.Pd., bersifat gratis dan terbuka untuk umum. Calon peserta cukup meng-klik link ini:
https://s.id/registrasikabsigi_2407_2 dan akan terhubung dengan form registrasi untuk mendapatkan token beserta link zoom yang akan menghubungkan mereka dengan ruang seminar.

Peserta yang beruntung, akan mendapatkan hadiah menarik berupa dompet digital. Semua peserta akan mendapatkan E-sertifikat. Khusus bagi mereka yang baru dalam mengikuti kegiatan seperti ini, tentu akan menjadi pengalaman berkesan bagaimana belajar, menambah pengetahuan tentang Literasi Digital. Makanya, bagi anda yang belum pernah mengikuti kegiatan yang dilaksanakan Kemenkominfo, ini adalah kesempatan yang baik untuk anda.

BACA JUGA :  Webinar Kemenkominfo: Pendampingan Internet bagi Generasi Muda

Untuk diketahui pada 2023 ini, Kominfo memfokuskan kegiatan Literasi Digital di wilayah Sulawesi dan sekitarnya. Sejak Februari tahun ini, pihak penyelenggara sedikitnya telah melaksanakan puluhan kegiatan serupa dan memfokuskan kegiatan di beberapa kabupaten di Sulteng dan Sulut. Dan kali ini, penyelenggara menyasar komunitas-komunitas di Sulbar.

Sejak 2021, Kominfo telah melaksanakan kegiatan Literasi Digital kepada 14.641.097 orang. Pada tahun 2022 juga menargetkan 5.500.000 orang. Kominfo menargetkan kegiatan ini bisa menyasar 50 juta orang penduduk Indonesia pada tahun 2024.

Karena itu, dibutuhkan penyelenggaraan Kegiatan literasi digital yang massif di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait Literasi Digital dalam bentuk Seminar dan Diskusi secara online dengan target penduduk di wilayah tersebut, khususnya di segmen Komunitas.*