Tutup
Sulawesi Tengah

Webinar Kemenkominfo: Ajak Netizen Menjadi Bijak Bermedia Sosial

×

Webinar Kemenkominfo: Ajak Netizen Menjadi Bijak Bermedia Sosial

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Media sosial saat ini menjadi ruang interaksi virtual yang trennya terus meningkat.

Berbagai platform media sosial dengan beragam fitur, kini membanjiri warga net dan seakan menjadi keharusan untuk menggunakannya.

Advertisment
Scroll hingga akhir

Hampir sebagian besar, terutama generasi z, atau gen z, punya akun media sosial.

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bermedia sosial, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan menggelar webinar bertajuk “Menjadi Bijak Bermedia Sosial”.

Kegiatan ini akan berlangsung pada Selasa, 25 Juli 2023, pukul 09.00 WITA sampai selesai bersama warga Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah.

Anwar Sadat, Senior Produk Manager yang juga Advisor di beberapa perusahaan swasta ini, akan membahas tentang Etika Digital.

Bagaimana berlaku bijak sebelum mengunggah konten di media sosial, apa dampaknya bila kita sembarangan mengunggah konten di media sosial, dan adakah jeratan hukum yang menanti, adalah beberapa poin yang akan ia bahas.

Berkaitan dengan etik, ia akan membahas apa saja yang perlu dimiliki, dan penting untuk menjadi perhatian sebelum posting konten.

Sementara pembicara kedua, Dr. Astri D. Andriani, Rektor UNPI Cianjur ini akan membahas Keamanan Digital.

Bagaimana cara cek fakta sebelum menyebarkan atau posting konten, cara bedakan fakta dan berita bohong, pilah pilih konten sebelum sebar, serta pentingnya literasi digital agar bisa menjaga hal positif dalam berkomentar, adalah beberapa poin yang akan ia bahas.
 
Selain Anwar dan Astri, pembicara ketiga adalah Chika audita. Profesional Publik Speaker dan juga Host ini akan membahas Budaya Digital.

Bagaimana menjadi masyarakat digital yang berbudaya Indonesia, bagaimana membangun perilaku netizen yang sesuai pancasila, adalah dua poin yang akan ia bahas.

Seperti diketahui, dalam dunia demokrasi saat ini, setiap orang bebas berekspresi sesuai menyampaikan pendapat, namun harus berdasar nilai-nilai luhur budaya Indonesia. Hal itu pula yang akan dibahas Chika dalam paparannya.

Kegiatan ini akan dipandu Amin Rohani. S.E., bersifat gratis dan terbuka untuk umum. Calon peserta cukup meng-klik link ini: https://s.id/registrasikabsigi_2507
dan akan terhubung dengan form registrasi untuk mendapatkan token beserta link zoom yang akan menghubungkan mereka dengan ruang seminar.

Peserta yang beruntung, akan mendapatkan hadiah menarik berupa dompet digital. Semua peserta akan mendapatkan E-sertifikat. Khusus bagi mereka yang baru dalam mengikuti kegiatan seperti ini, tentu akan menjadi pengalaman berkesan bagaimana belajar, menambah pengetahuan tentang Literasi Digital. Makanya, bagi anda yang belum pernah mengikuti kegiatan yang dilaksanakan Kemenkominfo, ini adalah kesempatan yang baik untuk anda.

Untuk diketahui pada 2023 ini, Kominfo memfokuskan kegiatan Literasi Digital di wilayah Sulawesi dan sekitarnya. Sejak Februari tahun ini, pihak penyelenggara sedikitnya telah melaksanakan puluhan kegiatan serupa dan memfokuskan kegiatan di beberapa kabupaten di Sulteng dan Sulut. Dan kali ini, penyelenggara menyasar komunitas-komunitas di Sulbar.

Sejak 2021, Kominfo telah melaksanakan kegiatan Literasi Digital kepada 14.641.097 orang. Pada tahun 2022 juga menargetkan 5.500.000 orang. Kominfo menargetkan kegiatan ini bisa menyasar 50 juta orang penduduk Indonesia pada tahun 2024.

Karena itu, dibutuhkan penyelenggaraan Kegiatan literasi digital yang massif di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait Literasi Digital dalam bentuk Seminar dan Diskusi secara online dengan target penduduk di wilayah tersebut, khususnya di segmen Komunitas.*