Tutup
Sulawesi Tengah

Webinar Kemenkominfo: Perlindungan Anak di Dunia Online

×

Webinar Kemenkominfo: Perlindungan Anak di Dunia Online

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Anak adalah kelompok yang dianggap rentan terpapar aktivitas di ruang digital.

Tak jarang kita mendengar anak-anak yang kecanduan game online hingga mengalami gangguan mental.

Advertisment
Scroll hingga akhir

Untuk mengurangi resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan akibat kecanduan aktivitas online, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali menggelar webinar bertajuk “Perlindungan Anak di Dunia Online”.

Kegiatan ini akan berlangsung pada Senin, 31 Juli 2023 pukul 11.00 WITA sampai selesai, bersama masyarakat Donggala, Sulawesi Tengah.

Setidaknya ada tiga narasumber yang akan menjadi pembicara dalam webinar tersebut, satu di antaranya adalah Arief Rama Syarif, Founder Yayasan Komunitas Open Source. Ia akan membahas tentang Budaya Digital.

Dalam paparannya nanti, ia akan membagi kiat cegah anak kecanduan digital, seperti game online dan medsos.

Apa saja bahaya kecanduan digital pada anak, apa yang harus dilakukan orangtua untuk mencegah candu digital pada anak, serta tips dan trik memanfaatkan internet untuk hal positif, adalah beberapa poin yang akan ia bahas.

Kemudian pembicara kedua adalah Henny Tri Purnaninhsih, S.E., M.I.Kom. VP-HEAD of Direct Sales and Retail Java and NusaBali PT Indosat Tbk ini akan membahas Keamanan Digital.

Bagaimana memantau aktivitas anak di ruang digital, ketahui hal positif dan negatif yang bisa didapatkan anak di ruang digital, dan apa yang harus dilakukan orangtua untuk melindungi anak agar tidak terkena dampak negatif ruang digital, adalah tiga hal yang akan ia bahas.

Sementara pembicara ketiga, Gilang Alvianto akan membahas Cakap Digital.

Founder dan Owner Milenia Guest House ini akan membahas bagaimana pendampingan anak agar kreatif dan produktif berinternet.

Kegiatan ini akan dipandu Martina Nursaprudianti, bersifat gratis dan terbuka untuk umum. Calon peserta cukup meng-klik link ini: https://s.id/registrasikabdonggala_3107 dan akan terhubung dengan form registrasi untuk mendapatkan token beserta link zoom yang akan menghubungkan mereka dengan ruang seminar.

Peserta yang beruntung, akan mendapatkan hadiah menarik berupa dompet digital. Semua peserta akan mendapatkan E-sertifikat. Khusus bagi mereka yang baru dalam mengikuti kegiatan seperti ini, tentu akan menjadi pengalaman berkesan bagaimana belajar, menambah pengetahuan tentang Literasi Digital. Makanya, bagi anda yang belum pernah mengikuti kegiatan yang dilaksanakan Kemenkominfo, ini adalah kesempatan yang baik untuk anda.

Untuk diketahui pada 2023 ini, Kominfo memfokuskan kegiatan Literasi Digital di wilayah Sulawesi dan sekitarnya. Sejak Februari tahun ini, pihak penyelenggara sedikitnya telah melaksanakan puluhan kegiatan serupa dan memfokuskan kegiatan di beberapa kabupaten di Sulteng, Sulbar dan Sulut.

Sejak 2021, Kominfo telah melaksanakan kegiatan Literasi Digital kepada 14.641.097 orang. Pada tahun 2022 juga menargetkan 5.500.000 orang. Kominfo menargetkan kegiatan ini bisa menyasar 50 juta orang penduduk Indonesia pada tahun 2024.

Karena itu, dibutuhkan penyelenggaraan Kegiatan literasi digital yang massif di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait Literasi Digital dalam bentuk Seminar dan Diskusi secara online dengan target penduduk di wilayah tersebut, khususnya di segmen Komunitas.***