Sulawesi Tengah

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Sigi, 13 unit rumah warga rusak

255
×

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Sigi, 13 unit rumah warga rusak

Sebarkan artikel ini
Sebuah rumah warga rusak akibat gempa.(Foto: Ist)

PALU, Kabar Selebes – Gempa berkekuatan magnitudo 5,3 mengguncang Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia, Minggu (6/8/2023) pukul 10.53 WITA.

Akibat gempa ini, sekitar 13 unit rumah warga di Desa Lembangtongoa, Kecamatan Palolo, mengalami kerusakan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya merilis gempa bumi magnitudo 5,2 yang terjadi di darat, berpusat di koordinat 1,19 lintang selatan dan 120,26 bujur timur, atau sekitar 47 kilometer timur laut Sigi dengan kedalaman 16 kilometer pada pukul 09.44 WITA pagi hari.

BACA JUGA :  Pemkab Sigi Terima Bantuan 318 Ton Beras dari Bulog Sulteng

Setelahnya, BMKG juga mencatat 25 kali aktivitas gempa susulan dengan kekuatan magnitudo 3 hingga 4 SR di sekitar wilayah titik gempa utama.

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah sedang melakukan koordinasi dengan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Sigi untuk melakukan penilaian atau asesmen terhadap situasi di lokasi terdampak.

BACA JUGA :  RSUD Sigi Kebanjiran, Seluruh Pasien Dievakuasi

Saat ini, sekitar 10 rumah warga mengalami kerusakan ringan, sedangkan tiga rumah lainnya mengalami kerusakan berat sehingga tidak dapat dihuni.

Warga di sekitar wilayah terdampak memilih untuk bertahan di luar rumah karena waspada akan gempa susulan. Kebutuhan mendesak bagi warga yang terdampak adalah logistik, tenda, dan obat-obatan.

BPBD juga mengimbau agar warga menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa dan melakukan pemeriksaan untuk memastikan bangunan tempat tinggal aman sebelum kembali ke dalam rumah.***