Tutup
Sulawesi Tengah

Webinar Kemenkominfo: Berdakwah dengan Cara Damai di Ruang Digital

23
×

Webinar Kemenkominfo: Berdakwah dengan Cara Damai di Ruang Digital

Sebarkan artikel ini

PALU, kabar Selebes – Ruang Digital menyediakan berbagai kesempatan kepada penggunanya untuk melakukan berbagai kegiatan, termasuk belajar agama, atau berdakwah.

Dakwah melalui saluran digital, kini menjadi tren, karena berbagai kemudahan yang ditawarkan.

Advertisment
Scroll hingga akhir

Secara proses pembuatan konten, tidak terlalu sulit. Tidak perlu mengumpulkan banyak orang. Konten yang dipublish bisa dibagikan kapan saja di media sosial.

Namun demikian, dalam rangka menjaga nilai-nilai luhur agama sebagai ‘Rahmatan lil Alamin’, maka kita perlu mengetahui, perlu belajar tentang bagaimana berdakwah di ruang digital.

Untuk itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali menggelar webinar bertajuk “Aktivitas Dakwah di Ruang Digital”.

Kegiatan ini akan berlangsung pada Selasa, 15 Agustus 2023, pukul 15.00 WITA, bersama masyarakat Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

BACA JUGA :  Webinar Kemenkominfo: Bersikap Bijak di Era Pascakebenaran

Salah satu pembicara dalam webinar ini adalah Prof. Dr. KH. Lukman S. Thahir, M.Ag. Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Sulawesi Tengah ini akan membahas tentang Kecakapan Digital.

Bagaimana serunya belajar agama di dunia digital, mengenal aplikasi atau platform belajar al quran atau alkitab, serta ragam kajian agama yang sedang tren di dunia digital, adalah beberapa poin yang akan ia sampaikan.

Sementara pembicara kedua, Dr. Meithiana Indrasari, S.T., M.M., akan membahas Keamanan Digital.

Dalam paparannya nanti, Dosen FEB Unitomo ini akan membahas bagaimana memberantas radikalisme melalui dakwah online yang damai.

Ia juga akan mengingatkan, hati-hati dengan ujaran kebencian, sebab itu adalah awal tindakan radikalisme.

Kemudian pembicara ketiga, Gilang Alvianto, akan membahas Budaya Digital.

Founder dan Owner dari Milenia Guest House ini akan mengajak peserta untuk bagaimana menjadi netizen yang beretika di dunia digital, bagaimana menjaga nilai positif saat berdakwah atau menyebarkan ilmu agama, dan cara berkomunikasi, menyampaikan pendapat, memposting konten, yang tidak memancing keresahan netizen.

BACA JUGA :  Webinar Kemenkominfo: Kembangkan Budaya dan Seni di Media Digital

Kegiatan ini akan dipandu Amar Hamdani, bersifat gratis dan terbuka untuk umum. Calon peserta cukup meng-klik link ini:
https://s.id/registrasikabposo_1508 dan akan terhubung dengan form registrasi untuk mendapatkan token beserta link zoom yang akan menghubungkan mereka dengan ruang seminar.

Peserta yang beruntung, akan mendapatkan hadiah menarik berupa dompet digital. Semua peserta akan mendapatkan E-sertifikat. Khusus bagi mereka yang baru dalam mengikuti kegiatan seperti ini, tentu akan menjadi pengalaman berkesan bagaimana belajar, menambah pengetahuan tentang Literasi Digital. Makanya, bagi anda yang belum pernah mengikuti kegiatan yang dilaksanakan Kemenkominfo, ini adalah kesempatan yang baik untuk anda.

BACA JUGA :  Kominfo bagi Kiat Aman Berselancar di Internet

Untuk diketahui pada 2023 ini, Kominfo memfokuskan kegiatan Literasi Digital di wilayah Sulawesi dan sekitarnya. Sejak Februari tahun ini, pihak penyelenggara sedikitnya telah melaksanakan puluhan kegiatan serupa dan memfokuskan kegiatan di beberapa kabupaten di Sulteng, Sulbar dan Sulut.

Sejak 2021, Kominfo telah melaksanakan kegiatan Literasi Digital kepada 14.641.097 orang. Pada tahun 2022 juga menargetkan 5.500.000 orang. Kominfo menargetkan kegiatan ini bisa menyasar 50 juta orang penduduk Indonesia pada tahun 2024.

Karena itu, dibutuhkan penyelenggaraan Kegiatan literasi digital yang massif di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait Literasi Digital dalam bentuk Seminar dan Diskusi secara online dengan target penduduk di wilayah tersebut, khususnya di segmen Komunitas.