Tutup
Politik

Nasdem Sulteng Persiapkan KSN untuk pantau suara pemilih

×

Nasdem Sulteng Persiapkan KSN untuk pantau suara pemilih

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Partai NasDem Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Sulawesi Tengah mempersiapkan Komisi Saksi Nasional (KSN) untuk memantau suara pemilih selama Pemilu 2024. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa proses pemilihan berjalan dengan adil dan transparan.

Untuk memenuhi kebutuhan saksi selama Pemilu, DPW Partai NasDem Sulteng sedang melaksanakan serangkaian fit and proper test terhadap calon anggota KSN di daerah-daerah dan kecamatan di Kota Palu.

Advertisment
Scroll hingga akhir

Fit and proper test ini adalah langkah untuk memilih individu-individu yang berkualitas dan dapat memainkan peran yang signifikan sebagai saksi selama proses pemilu.

Nasution Camang, S.Sos, yang merupakan bagian dari tim fit and proper test dari Bappilu DPW Partai NasDem Sulteng, mengungkapkan bahwa menjelang Pemilu, banyak partai politik sibuk mempersiapkan saksi-saksi yang akan mengawasi proses pemungutan suara hingga rekapitulasi suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 2024.

Camang menjelaskan bahwa peran KSN tidak hanya terbatas pada aspek teknis, tetapi juga memiliki dampak substansial dalam kontestasi politik secara keseluruhan.

Menurutnya, fit and proper test adalah langkah penting untuk memilih calon anggota KSN yang berkualitas. Keberadaan anggota KSN yang berkualitas dapat membantu mengurangi potensi kecurangan dan perselisihan selama Pemilu.

Ia juga menekankan bahwa KSN adalah ujung tombak partai dalam menjaga integritas suara dan proses pemilihan.

“Dalam hal ini, konsolidasi partai tidak akan memberikan hasil yang memuaskan jika suara tidak dijamin dan diamankan melalui mekanisme yang sesuai dengan peraturan yang berlaku,” kata dia.

Fit and proper test calon anggota KSN di kota Palu diikuti oleh puluhan peserta yang merupakan kader Partai NasDem. Proses ini melibatkan penguji seperti Husin Alwi, yang bertanggung jawab atas pemenangan daerah kota Palu, dan Abd. Rahman, Ketua Badan Advokasi Hukum DPW NasDem Sulteng.

Proses fit and proper test ini juga akan dilakukan di berbagai DPD NasDem di kabupaten-kabupaten di Sulawesi Tengah.***