Tutup
Sulawesi Tengah

Polda Sulteng akan gelar Operasi Zebra Tinombala 2023 tanggal 4 September 2023

148
×

Polda Sulteng akan gelar Operasi Zebra Tinombala 2023 tanggal 4 September 2023

Sebarkan artikel ini
Petugas kepolisian sedang memberhentikan pengendara di Palu.(Foto: Ist)

PALU, Kabar Selebes – Operasi Kepolisian dengan sandi “Zebra Tinombala 2023” akan dilaksanakan oleh Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Polres jajarannya.

Operasi Zebra Tinombala 2023 direncanakan akan berlangsung selama 14 hari, mulai dari tanggal 4 September hingga 17 September 2023. Sebanyak 728 personel akan terlibat dalam pelaksanaan operasi ini.

Advertisment
Scroll hingga akhir

Tujuan dari operasi ini adalah untuk mengurangi angka kecelakaan dan menekan angka pelanggaran lalu lintas di jalan raya di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah.

BACA JUGA :  Ombudsman Sulteng Dorong Dugaan Gratifikasi Casis Bintara Polri Naik ke Pidana

Kapolda Sulteng, Irjen Agus Nugroho, menyampaikan sambutan saat memberikan pembukaan pelaksanaan latihan pra operasi (latpraops) Zebra Tinombala-2023.

“Latihan ini dilakukan untuk memastikan kesiapan personel, menyamakan persepsi dan pola tindak personel, serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan,” kata Kapolda Sulteng, Irjen Agus Nugroho, Kamis (31/8/2023).

Operasi Zebra Tinombala tahun ini akan lebih mengedepankan tindakan preemtif dan preventif, serta penegakkan hukum dengan menggunakan tilang elektronik dan tindakan teguran.

Tujuan utamanya adalah untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas, serta meminimalisir jumlah korban kecelakaan.

BACA JUGA :  Delapan Pejabat Teras Lingkup Polda Sulteng Resmi Dilantik

Selain itu, operasi ini juga bertujuan untuk mengajak masyarakat agar lebih tertib dan disiplin dalam berlalu lintas.

“Operasi Zebra tahun ini, lebih mengedepankan tindakan preemtif dan preventif serta penegakkan hukum yaitu dengan cara tilang elektronik dan tindakan teguran” tegasnya.

Kapolda Sulteng menekankan kepada para Kasatgas (Kepala Satuan Tugas) untuk bersikap kreatif dan inovatif dalam melaksanakan operasi ini, sehingga tujuan yang ditetapkan dapat tercapai.

Ia juga mengingatkan agar personel yang terlibat dalam operasi ini bertindak sesuai prosedur dan menjalankan kegiatan dengan pendekatan humanis, tulus, dan ikhlas guna memastikan pelaksanaan operasi berjalan lebih optimal.

BACA JUGA :  Selangkah Lagi, Tim Putri Sultra Lolos Babak Penyisihan Bola Voli Kapolri Cup

Kabidhumas Polda Sulteng, Kombes Pol. Djoko Wienartono, berharap agar masyarakat Sulawesi Tengah mendukung pelaksanaan Operasi Zebra Tinombala dengan patuh dan tertib dalam berlalu lintas di jalan raya.

“Sebanyak 728 personel akan dilibatkan dalam pelaksanaan Operasi Zebra Tinombala ini. Djoko berharap kepada masyarakat Sulawesi Tengah untuk mendukung pelaksanaan Operasi Zebra Tinombala dengan menjadi masyarakat lalulintas yang patuh dan tertib dalam berlalu lintas di jalan raya,” pungkasnya.