Tutup
Nasional

DKPP sebut media berperan dalam memastikan kualitas pemilu dan pemerintahan masa depan

×

DKPP sebut media berperan dalam memastikan kualitas pemilu dan pemerintahan masa depan

Sebarkan artikel ini
Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Ratna Dewi Pettalolo Saat membuka Ngetren Media di Palu. ( Foto : Abdee Mari)

PALU, Kabar Selebes – Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Ratna Dewi Pettalolo menyatakan pentingnya kualitas pemilu dan pemerintahan lima tahun ke depan. 

Dalam pernyataannya, Ratna Dewi Pettalolo menegaskan bahwa kualitas pemilu yang baik, jujur, dan sesuai dengan pilihan rakyat adalah kunci untuk memastikan kualitas pemerintahan yang baik di masa depan.

Advertisment
Scroll hingga akhir

Ratna Dewi Pettalolo juga menyoroti pentingnya peran media sebagai indikator yang akan memengaruhi perkembangan kualitas penyelenggaran pemilu dan pemerintahan. 

“Media perlu memantau secara langsung proses pemilu, terutama dalam hal penyusunan daftar pemilih, untuk memastikan bahwa seluruh warga negara yang memenuhi syarat terdaftar dengan benar,” kata Ratna Dewi Pettalolo saat membuka Ngobrol Etika Penyelenggara Pemilu dengan (Ngetrwn)  Media di Palu, Rabu (6/9/2023).

Selain itu, Ratna Dewi Pettalolo menggarisbawahi perlunya kecerdasan dalam menyajikan informasi kepada masyarakat agar tidak menimbulkan gejolak negatif. 

“Media diharapkan dapat berperan sebagai penghubung antara DKPP dan masyarakat, serta memberikan sosialisasi terkait upaya DKPP dalam menyelesaikan permasalahan etik dan dugaan pelanggaran etik penyelenggara pemilu di berbagai tingkatan,” lanjutnya.

Meskipun DKPP masih relatif muda dibandingkan dengan lembaga seperti KPU dan Bawaslu, Ratna Dewi Pettalolo berharap bahwa melalui kolaborasi dengan media dan masyarakat, kualitas penyelenggaraan pemilu di tahun 2024 dan upaya pendegakan etik penyelenggara pemilu akan menjadi lebih baik. 

DKPP tetap fokus pada perannya dalam mengawasi dan memastikan integritas pemilu di Indonesia.(abd)