Tutup
Kuliner

Kaledo: sensasi pedas dan gurih dari Palu, begini cara membuatnya

×

Kaledo: sensasi pedas dan gurih dari Palu, begini cara membuatnya

Sebarkan artikel ini
Makanan khas Sulawesi Tengah, Kaledo. (Instagram @soalpalu)

PALU, Kabar Selebes – Selamat datang dalam petualangan kuliner ke Palu, Sulawesi Tengah, di mana rasa pedas yang memikat dan kelezatan gurih bertemu dalam sajian khasnya, Kaledo.

Makanan ini bukan hanya sekadar hidangan, tetapi juga perpaduan kisah dan cita rasa yang telah menggoda lidah orang-orang sepanjang generasi.

Di balik setiap suapan Kaledo, terdapat rahasia kuah yang begitu lezat. Mulai dari tulang iga sapi yang digunakan sebagai bahan utama, yang diolah dengan penuh keahlian hingga menghasilkan kuah yang bening dan gurih. Kemudian, serai, daun jeruk purut, daun salam, daun pandan, dan sereh bergabung dalam dansa aromatik yang membuat lidah Anda merasa merdeka.

Namun, tak bisa disangkal, Kaledo memang terkenal karena kepedasannya yang membangunkan semangat. Bumbu halusnya yang mencakup cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, dan lengkuas memberi makanan ini karakternya yang tajam dan memikat.

Saat sajian Kaledo disusun di hadapan Anda, lontong atau nasi putih menjadi alas yang sempurna untuk menyerap kuah yang begitu menggugah selera. Tauge segar dan kerupuk bawang menambahkan tekstur dan rasa yang lebih dalam. Dan bagi yang suka, potongan jeruk limo dapat memberikan sentuhan segar yang memukau.

Sekali Anda mencicipi Kaledo, tak ada jalan kembali. Makanan ini bukan hanya sebuah hidangan, melainkan pengalaman yang mengangkat selera Anda ke tingkat yang baru. Selamat menikmati Kaledo khas Palu yang lezat, dan jangan lupa untuk menyesuaikan tingkat kepedasan sesuai dengan petualangan kuliner Anda sendiri!

Selanjutnya >>> Berikut ini adalah resep untuk membuat Kaledo:

Silakan komentar Anda Disini....