Sulawesi Tengah

Pertamina kolaborasi dengan BINDA Sulteng, Komitmen Jaga Distribusi BBM dan LPG Subsidi

20
×

Pertamina kolaborasi dengan BINDA Sulteng, Komitmen Jaga Distribusi BBM dan LPG Subsidi

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi berkolaborasi dengan Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sulawesi Tengah berkomitmen menjaga distribusi BBM dan LPG Subsidi.

Komitemen ditandai dengan penandatangan kesepakatan pada Kamis, 7 September 2023, di Kantor BIN Kota Palu.

Sales Area Manager Retail Sulawesi Tengah Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fakhri Rizal Hasibuan, dalam pertemuan tersebut, menyampaikan bahwa tujuan utama kolaborasi ini adalah untuk memastikan distribusi BBM dan LPG subsidi tepat sasaran di wilayah tersebut.

“Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait dalam hal distribusi BBM dan LPG Subsidi agar tepat sasaran di wilayah Sulawesi Tengah, khususnya BIN Daerah Sulawesi Tengah kami akan saling bertukar data dan informasi guna meminimalkan penyalahgunaan di lapangan,” kata Fakhri Rizal Hasibuan.

BACA JUGA :  Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG di Sulawesi Aman

Fakhri juga menegaskan bahwa program subsidi tepat BBM dan LPG adalah inisiatif pemerintah yang harus dijaga penerapannya. Pertamina telah menjalankan program subsidi tepat BBM sejak Maret 2023 dengan menerapkan QR Code bagi pengguna kendaraan berbahan bakar diesel sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

Selain itu, program subsidi tepat LPG juga sedang dilaksanakan di Sulawesi Tengah, dengan tahapan pendataan dan pencocokan data yang mencapai 97% pangkalan yang telah teregistrasi atau sejumlah 5.187 pangkalan LPG 3 kg. Program ini bertujuan untuk memastikan penyaluran LPG subsidi 3 Kg sesuai dengan segmen yang diatur pemerintah dan melindungi konsumen yang berhak menerima dari konsumen yang tidak berhak.

BACA JUGA :  Terdampak Kenaikan BBM, Polsek Bungku Selatan Salurkan Bantuan untuk Warga Bungku Pesisir

Kepala BIN Daerah Sulawesi Tengah, Brigadir Jenderal TNI Arman Dahlan S.IP, M.M., sangat mengapresiasi kolaborasi ini dan berharap dapat menjaga rantai distribusi BBM dan LPG subsidi agar tepat sasaran kepada masyarakat yang berhak.

Dia juga menekankan pentingnya keterbukaan data dan informasi dalam mempersempit peluang oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil lebih dari hak masyarakat yang membutuhkan.

Kegiatan bersejarah ini ditutup dengan serah terima plakat sebagai simbol komitmen bersama dalam menjaga distribusi BBM dan LPG subsidi antara Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi dan Badan Intelijen Negara Daerah Sulawesi Tengah.

Dalam kesempatan terpisah, Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw, menambahkan bahwa Pertamina siap untuk berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk Aparat Penegak Hukum, dalam upaya menjaga distribusi yang tepat sasaran. Dia juga mengapresiasi upaya penegak hukum dalam memberantas penyalahgunaan BBM dan LPG subsidi, sehingga bahan bakar dan gas ini dapat digunakan sesuai dengan aturan yang berlaku dan oleh masyarakat yang berhak.

BACA JUGA :  Mutasi Besar-besaran di BIN, Andi Chandra As’aduddin Menjabat Kabinda Sulteng

Informasi lebih lanjut mengenai layanan Pertamina dan produknya dapat diakses melalui website mypertamina.id dan akun Instagram @mypertamina atau melalui Pertamina Call Center (PCC) 135. Kolaborasi ini diharapkan akan memastikan distribusi BBM dan LPG subsidi yang lebih baik dan berdampak positif bagi masyarakat Sulawesi Tengah.***