Tutup
Historia

Rahasia Tersembunyi di Lembah Behoa: Misteri Situs Megalitik Pokekea

×

Rahasia Tersembunyi di Lembah Behoa: Misteri Situs Megalitik Pokekea

Sebarkan artikel ini
Situs megalitikum Pokekea di Lembah Behoa Kabupaten Poso.(Foto: Youtube)

PALU, Kabar Selebes – Di tengah hutan lebat Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, tersembunyi sebuah misteri besar yang telah bertahan selama ribuan tahun. Ini adalah Situs Megalitik Pokekea, salah satu dari 50 lebih situs megalitik yang tersebar di Lembah Behoa, Lembah Bada, dan Lembah Napu. Penyelidik arkeologi dan sejarah telah lama merasa terpukau oleh kehadiran artefak kuno ini.

Megalitikum, yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti “batu besar,” adalah babak dalam sejarah manusia yang memancarkan misteri dan keajaiban. Situs Megalitik Pokekea adalah jendela menuju masa lalu kita yang penuh dengan rahasia. Tersembunyi di lembah ini, artefak kuno menjaga cerita-cerita nenek moyang kita yang telah hilang dalam aliran waktu.

Advertisment
Scroll hingga akhir

Salah satu artefak paling mencolok di Situs Megalitik Pokekea adalah kalamba. Kalamba ini seperti tong air atau tempayan dengan ukiran yang misterius. Beberapa memiliki wajah manusia yang diukir dengan cermat, sementara yang lain memiliki garis-garis timbul yang membingungkan. Dari 113 artefak megalitik yang ada di situs ini, ada 27 kalamba yang menyimpan rahasia besar.

Namun, misteri tidak berhenti di sini. Ada pula arca-arca kuno berukir wajah manusia dan lempengan-lempengan batu yang menyimpan cerita lain. Seluruh kompleks Situs Megalitik Pokekea menjadi saksi bisu peradaban prasejarah yang pernah eksis di wilayah ini.

Namun, apa yang membuat situs ini begitu menarik adalah kenyataan bahwa peninggalan megalitik ini sudah ada sejak 2.500 tahun sebelum Masehi. Masyarakat prasejarah di Indonesia telah menghasilkan benda-benda ini dari batu besar sebagai alat bercocok tanam, alat ritual, dan bahkan untuk penguburan.

Tradisi megalitik di Indonesia terbagi menjadi dua periode, megalitik tua dan megalitik muda, yang seharusnya berlangsung secara berurutan. Namun, Situs Megalitik Pokekea mungkin menggambarkan pengecualian. Terletak di perbatasan kedua periode ini, situs ini menjadi salah satu tempat terpenting untuk memahami evolusi peradaban manusia.

Jadi, terbayangkah Anda sejenak, berdiri di tengah lembah yang penuh misteri ini, dengan artefak kuno yang menyimpan rahasia peradaban kita yang hilang dalam kabut waktu? Sebuah perjalanan ke Situs Megalitik Pokekea adalah perjalanan ke masa lalu yang menggugah imajinasi, mengungkapkan misteri, dan menghormati warisan nenek moyang kita yang telah lama tiada.***