Tutup
Sulawesi Tengah

UIN Datokarama Palu dukung promosi Sulteng Negeri Seribu Megalit untuk peningkatkan wisata

×

UIN Datokarama Palu dukung promosi Sulteng Negeri Seribu Megalit untuk peningkatkan wisata

Sebarkan artikel ini
Rektor UIN Datokarama Profesor Sagaf S Pettalongi

PALU, Kabar Selebes  – Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, telah memutuskan untuk bekerja sama dengan pemerintah setempat dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah tersebut dengan mempromosikan Sulteng negeri seribu megalit.

Rektor UIN Datokarama, Profesor Sagaf S Pettalongi, dengan penuh semangat mengatakan, UIN Datokarama sebagai mitra pemerintah tentu membantu mempromosikan Sulteng negeri seribu megalit.

Advertisment
Scroll hingga akhir

“Promosi ini akan mencakup kolaborasi dengan perguruan tinggi keagamaan Islam di seluruh Indonesia yang berada di bawah naungan Kementerian Agama,” kata Prof Sagaf, Minggu (1/9/2023).

Profesor Sagaf menyambut baik gagasan Gubernur Rusdy Mastura untuk menjadikan Sulteng sebagai negeri seribu megalit, menganggapnya sebagai langkah maju.

Menurutnya, pencanangan Sulteng negeri seribu megalit akan membuka peluang bagi ilmuwan dan akademisi dari dalam dan luar negeri untuk melakukan penelitian yang mendalam terkait dengan peradaban manusia, khususnya dalam aspek budaya dan sejarah megalitikum.

Rektor juga menekankan pentingnya mendukung dan memperkuat posisi Sulawesi Tengah, terutama Kabupaten Poso dan Kabupaten Sigi, yang memiliki potensi megalit, agar dapat lebih dikenal di tingkat internasional. 

“Para peneliti dan ilmuwan pasti tertarik untuk melakukan penelitian di wilayah Sulteng,” ujarnya dengan antusias.

Selain itu, UIN Datokarama berencana mengundang para akademisi dari perguruan tinggi di bawah naungan Kementerian Agama untuk melakukan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan di Poso dan Sigi, terutama terkait dengan cagar budaya megalitikum yang mencakup 349 batu dengan berbagai bentuk dan ukuran di Lembah Napu dan Bada, Kabupaten Poso.

Dengan demikian, potensi wisata cagar budaya megalitikum di Sulteng akan menjadi daya tarik wisata minat khusus di mana para pengunjung tidak hanya menikmati alam, budaya, dan kuliner setempat, tetapi juga akan meningkatkan pengetahuan mereka.

Rektor juga mencatat bahwa UIN Datokarama akan melalui program pengabdian kepada masyarakat membantu dalam pembinaan keterampilan dan wawasan masyarakat di daerah tersebut, sesuai dengan prinsip Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dalam data yang diberikan oleh Dinas Pariwisata Sulteng, jumlah kunjungan wisatawan tahun 2022 mencapai 1,3 juta jiwa. Sementara itu, target kunjungan wisatawan tahun 2023 adalah sebanyak 2 juta jiwa, yang diharapkan dapat dicapai melalui upaya promosi yang kuat dan kolaboratif ini antara UIN Datokarama dan pemerintah setempat.