Tutup
Sulawesi Tengah

Kajati Sulteng Agus Salim Resmikan Gedung Kantor Kejari Tolitoli

×

Kajati Sulteng Agus Salim Resmikan Gedung Kantor Kejari Tolitoli

Sebarkan artikel ini
Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulteng, Agus Salim, S.H., M.H., meresmikan Gedung Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Tolitoli dan Rumah Jabatan Kepala Kejari Tolitoli, Jumat (6/10/2023). (Foto: ist)

TOLITOLI, Kabar Selebes – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulteng, Agus Salim, S.H., M.H., meresmikan Gedung Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Tolitoli dan Rumah Jabatan Kepala Kejari Tolitoli, Jumat (6/10/2023).

Acara peresmian ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Bupati Tolitoli Ahmad H Yahya, Kajari Toli-toli Albertinus Parlianggoman Napitupulu, S.H., M.H., serta unsur Forkopimda lainnya.

Advertisment
Scroll hingga akhir

Upacara peresmian ditandai dengan pemukulan gong, penandatanganan prasasti, dan pengguntingan pita oleh Kajati Sulteng Agus Salim, yang menunjukkan komitmen dan keseriusan dalam mendukung penegakan hukum di wilayah ini.

Dalam sambutannya, Kajati Sulteng Agus Salim mengungkapkan betapa pentingnya kunjungan ini, meskipun harus melibatkan waktu pribadinya yang biasanya dihabiskan bersama keluarga pada hari Jumat.

Ini adalah bukti nyata keseriusannya dalam berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Toli-toli.

“Saya senang melihat kesatuan dan komitmen dari Forkopimda di sini. Ketika para pemimpin bersatu, itu memberikan semangat positif bagi seluruh lembaga di bawahnya,” ucap Kajati Agus Salim.

Kajati Sulteng juga mengungkapkan perubahan persepsi tentang Sulawesi Tengah sejak dia memimpin Kejaksaan Tinggi.

Dulu, daerah ini dikenal hanya dengan hasil cengkeh, kelapa, makanan keledo, dan pelabuhan Pantoloan.

Namun, setelah mempelajari lebih dalam, ternyata Sulawesi Tengah merupakan salah satu provinsi terbesar ketiga dalam investasi, dengan nilai mencapai Rp118 triliun dari DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Oleh karena itu, pembangunan gedung baru ini diharapkan dapat memberikan dorongan positif bagi peningkatan kinerja Kejaksaan dalam memberikan pelayanan hukum yang lebih baik kepada masyarakat Tolitoli.

Sarana dan prasarana yang lebih baik diharapkan dapat mendorong semangat para petugas penegak hukum.

Kajati Sulteng juga menekankan pentingnya pendekatan pencegahan daripada penindakan dalam penegakan hukum.

Dia menjelaskan bahwa Kejaksaan harus menjadi etalase penegakan hukum tertinggi di Indonesia, dengan tingkat kepercayaan publik yang mencapai 82,1 persen menurut survei.

Dalam akhir sambutannya, Kajati Sulteng menitipkan pesan kepada Kajari Toli-toli agar menjaga marwah institusi Kejaksaan di daerah ini.

Kajari Tolitoli, Albertinus Parlianggoman Napitupulu, menjelaskan bahwa Gedung Kantor Kejari dan Rumah Jabatan telah berdiri sejak 1975, tetapi seiring berjalannya waktu, kondisinya semakin tidak layak. Banjir pada Juli 2017 merusak bangunan ini dan mengganggu pelayanan hukum.

Oleh karena itu, Pemerintah Daerah Tolitoli memberikan bantuan hibah untuk pembangunan gedung baru, yang diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam pelayanan hukum.

Bupati Tolitoli, Amran H Yahya, mengungkapkan rasa bangga dan kebahagiaannya atas kunjungan Kajati Sulteng Agus Salim ke Tolitoli.

Ini memberikan motivasi tambahan bagi Kejari Tolitoli dalam memberikan pelayanan dan penegakan hukum yang lebih baik.

“Dengan terwujudnya gedung Kejari Tolitoli, ini menandakan sinergi antara Pemerintah Daerah dan Kejaksaan Negeri dalam mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera,” kata Bupati Amran H Yahya.

Dalam kunjungan ini, Kajati Sulteng Agus Salim bersama jajaran dan Forkopimda Tolitoli juga berkesempatan untuk melihat fasilitas dan gedung baru yang telah diresmikan. ***