Tutup
Sulawesi Tengah

Kapolda Sulteng sebut Polri siap hadapi tantangan Pemilu 2024

×

Kapolda Sulteng sebut Polri siap hadapi tantangan Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Kapolda Sulteng, Irjen Pol. Dr. Agus Nugroho

PALU, Kabar Selebes – Dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Kepolisan Daerah Sulawesi Tengah (Sulteng) mengadakan Latihan Pra Operasi Mantap Brata Tinombala (Latpra Ops).

Acara sosialisasi ini digelar dengan penuh semangat di Sriti Convention Hall pada Jumat (6/10/2023).

Latpra Ops ini dihadiri oleh Kapolda Sulteng, Irjen Pol. Dr. Agus Nugroho, Wakapolda Sulteng, Brigjen Pol Soeseno Noerhandoko, serta Pejabat Utama (PJU) dari Kepolisian Daerah Sulteng.

Para peserta Latpra Ops Mantap Brata Tinombala 2024 turut hadir untuk memahami pentingnya kesiapan dalam mengamankan proses pemilu mendatang.

Dalam pengantar acara, Kapolda Sulteng menyatakan bahwa Latpra Ops ini adalah langkah proaktif Polri dalam memastikan keamanan selama penyelenggaraan pemilu.

“Kami tidak hanya siap menghadapi tantangan dalam pemilu, tetapi kami juga bertekad untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban dalam proses demokrasi ini,” kata Kapolda.

Latihan ini mencakup berbagai aspek, mulai dari tindakan pengamanan hingga penanganan potensi kerawanan.

Kapolda Sulteng menyoroti perlunya peran strategis Polri sebagai garda terdepan dalam menjaga ketertiban selama pemilu. Ia mengingatkan bahwa pengalaman dari pemilu sebelumnya menunjukkan adanya potensi kerawanan yang perlu diantisipasi secara cermat.

Agus Nugroho juga menjelaskan bahwa potensi kerawanan dapat mencakup berbagai tindak pidana yang berkaitan dengan pemilu, serta tindak pidana umum yang dapat memengaruhi proses pemilu.

Polri bertekad untuk mengatasi semua potensi ini dengan profesionalisme tinggi, transparansi, dan akuntabilitas.

Selain itu, Kapolda Sulteng menekankan pentingnya kerjasama antara TNI dan Polri dalam menjaga keamanan selama pemilu.

“Kami bukanlah pahlawan super yang bisa menyelesaikan semua masalah sendiri. Sinergi dan kolaborasi dengan semua pihak adalah kunci kesuksesan dalam menjaga keamanan selama pemilu,” ujarnya.

Dalam penutupan, Kapolda Sulteng mengingatkan seluruh personel Polri untuk tetap menjaga netralitas mereka dan tidak terlibat dalam politik praktis yang dapat merusak integritas Polri.

“Kepercayaan masyarakat terhadap Polri adalah aset berharga yang harus kita pertahankan,” tegasnya.

Sosialisasi Latihan Pra Operasi Mantap Brata Tinombala ini mencerminkan komitmen Polri dalam memastikan Pemilu 2024 berjalan aman, damai, dan demokratis.***

Silakan komentar Anda Disini....