Politik

Kapolda Sulteng Irjen Polisi Agus Nugroho Menegaskan Pentingnya Keamanan Pemilu 2024

17
×

Kapolda Sulteng Irjen Polisi Agus Nugroho Menegaskan Pentingnya Keamanan Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng), Irjen Polisi Agus Nugroho

PALU, Kabar Selebes – Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng), Irjen Polisi Agus Nugroho,  menekankan pentingnya menciptakan situasi dan kondisi keamanan yang kondusif sebagai syarat utama dalam menyelenggarakan Pemilu 2024.

“Keberhasilan pemilu yang aman dan lancar memiliki dampak yang sangat signifikan pada kelancaran kegiatan pemerintahan dan stabilitas bangsa,” tegas Irjen Polisi Agus Nugroho usai menutup Latihan Pra Operasi Mantap Brata Tinombala 2023/2024, Kamis (12/10/2023).

Kapolda Sulteng juga memperingatkan bahwa ketidakstabilan dalam penyelenggaraan pemilu dapat memicu konflik sosial yang berpotensi menyebabkan disintegrasi bangsa.

Oleh karena itu, ia menekankan bahwa mengamankan Pemilu 2024 merupakan tanggung jawab bersama, yang melibatkan TNI, Polri, dan semua pihak terkait.

BACA JUGA :  KPU Sulteng Sahkan Rekapitulasi Hasil Pemilu: Meneguhkan Suara Warga Sulawesi Tengah

Agus Nugroho juga merinci potensi kerawanan yang dapat muncul dalam berbagai tahap pemilu, termasuk pelanggaran tindak pidana pemilu dan tindak pidana umum.

Oleh karena itu, manajemen teknis dan taktis sistem pengamanan kota (Sispam Kota) menjadi kunci untuk mengelola dan menangani semua potensi masalah tersebut dengan profesional, transparan, dan akuntabel.

Dalam upaya meningkatkan persiapan dan kesiapan personel Polri di Sulawesi Tengah, telah dilaksanakan Latihan Pra Operasi Mantap Brata Tinombala 2023/2024.

BACA JUGA :  KPU Sulteng Tutup Rangkaian Rapat Pleno, Pemilu 2024 Berlangsung Aman dan Damai

Latihan ini diikuti oleh lebih dari 720 personel gabungan dari Polda Sulteng, Polresta Palu, TNI, dan stakeholder terkait.

Tujuan latihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, serta profesionalisme personel dalam menghadapi berbagai situasi dan kondisi yang mungkin terjadi dalam Pemilu mendatang.

Kapolda Sulteng menyatakan bahwa melalui latihan ini, seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan pemilu diharapkan dapat menjalankan tugasnya dengan baik, berkoordinasi dengan baik, dan mampu merespons informasi atau arahan dari pimpinan lapangan dengan efektif.

Acara penutupan latihan ini juga dihadiri oleh berbagai unsur forkopimda Sulteng, Ketua KPU, Ketua Bawaslu Sulteng, Kepala BNN, Wakapolda Sulteng, Pejabat Utama Polda Sulteng, dan tamu undangan lainnya.

BACA JUGA :  KPU Sigi Sosialisasi Pendaftaran Peserta Pemilu 2024

Mereka dipertontonkan berbagai simulasi pengamanan tahapan Pemilu, mulai dari tahap kampanye hingga tahap penetapan hasil Pemilu.

Kapolda Sulteng menegaskan bahwa peran strategis Polri dalam pemilu sangat penting, karena tugas pokok Polri secara langsung berkaitan dengan pengamanan dan menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif selama proses pemilu.

Dengan persiapan dan kerja sama yang kuat, diharapkan pemilu tahun 2024 dapat berjalan dengan aman, lancar, dan sukses bagi demokrasi Indonesia.***