Tutup
Sulawesi Tengah

UIN Datokarama Palu terjunkan 600 mahasiswa KKN bina warga desa di Sigi

×

UIN Datokarama Palu terjunkan 600 mahasiswa KKN bina warga desa di Sigi

Sebarkan artikel ini
Ketua LP2M UIN Datokarama Doktor Hj Rustina berkoordinasi dengan Bupati Sigi Mohamad Irwan terkait dengan pelaksanaan KKN Angkatan XI Gelombang I Tahun 2023, berlangsung di Sigi, Jumat (20/10/2023).

PALU, Kabar Selebes – Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama menurunkan 600 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XI Gelombang I Tahun 2023 untuk membantu pemerintah dalam pembinaan masyarakat desa di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Datokarama Doktor Hj Rustina, di Palu, Jumat, mengemukakan bahwa pelaksanaan KKN Angkatan XI Gelombang I Tahun 2023 dilaksanakan di dua kabupaten di Sulteng.

Advertisment
Scroll hingga akhir

“Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala tahun ini menjadi sasaran penempatan KKN Angkatan XI,” ucap Rustina, di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Rustina mengemukakan bahwa KKN Angkatan XI Gelombang I diikuti sekitar 1.000 lebih mahasiswa jenjang strata satu dari empat fakultas lingkup UIN Datokarama.

Dari jumlah tersebut, sekitar 700 mahasiswa ditempatkan di Kabupaten Sigi meliputi sembilan kecamatan terdiri dari Kecamatan Gumbasa, Tanambulava, Dolo, Dolo Barat, Kinovaro, Marawola, Palolo, Sigi Kota, Sigi Biromaru.

Di sembilan kecamatan tersebut, kata Rustina, UIN Datokarama menargetkan menjangkau sekitar 60 desa yang menjadi lokasi fokus pelaksanaan KKN Angkatan XI Gelombang I.

Rustina menerangkan, selama berada di lokasi fokus KKN, mahasiswa akan melaksanakan tugas meliputi sosialisasi, pengenalan dan penguatan moderasi beragama kepada masyarakat desa.

Kemudian, melakukan kegiatan pendidikan dan pengajaran di sekolah atau madrasyah yang ada di desa, serta melaksanakan kegiatan keislaman dan keagamaan bersama masyarakat.

Di samping itu, sebut dia, mahasiswa KKN juga akan melaksanakan kegiatan fisik yang disesuaikan dengan kebutuhan desa.

“Jadi muatan KKN nya yaitu 60 persen non-fisik dan 40 persen fisik,” ungkap Rustina.

LP2M UIN Datokarama telah mengkoordinasikan hal ini kepada Bupati Sigi Mohamad Irwan pada Jumat (20/10) berlangsung di ruang kerja Bupati Sigi di Dolo.

“Alhamdulillah bapak Bupati Sigi Mohamad Irwan merespons positif hal ini dan siap mendukung kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan KKN Angkatan XI Gelombang I UIN Datokarama,” ujar Rustina.

Bupati Sigi Mohamad Irwan merespons positif dan mendukung UIN Datokarama menempatkan mahasiswa KKN di sembilan kecamatan di Kabupaten Sigi tahun 2023.

“Kami meminta kepada pemerintah kecamatan dan desa agar mengawal dan membantu pelaksanaan KKN ini,” sebutnya.

Pelaksanaan KKN Angkatan XI Gelombang I Tahun 2023 dimulai pada tanggal 30 Oktober – 30 November 2023 di Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala.