Tutup
Sulawesi Tengah

Puluhan Warga Vatutela dapat Pemeriksaan Kesehatan Gratis dari CPM dan Pemkot Palu

23
×

Puluhan Warga Vatutela dapat Pemeriksaan Kesehatan Gratis dari CPM dan Pemkot Palu

Sebarkan artikel ini
Seorang warga memeriksakan kesehatannya pada tenaga medis dari PT. CPM.(Foto: Abdee)

PALU, Kabar Selebes – Sekitar 60-an warga Kelurahan Vatutela, Kota Palu, mendapat kesempatan menjalani pemeriksaan kesehatan gratis dalam program “Jumat Sehat Bersama”, Jumat (3/11/2023).

Jumat Sehat Bersama Bersama PT CPM” berkolaborasi puskesmas Talise guna mendukung program pemerintah Kota Palu Yaitu Jumat Palu Sehat.

Advertisment
Scroll hingga akhir

Kepala Tata Usaha Puskesmas Talise, Arifin, SKM, menjelaskan, Kegiatan ini adalah kegiatan Jumat Sehat Bersama, yang merupakan program rutin dari Pemerintah Kota Palu di seluruh wilayah Puskesmas di kota ini.

“Hari ini, kami beruntung karena program ini diadakan di wilayah Kelurahan Tondo, yang juga mencakup Vatutela,” kata Arifin.

BACA JUGA :  Aparat Diminta Seriusi Penggunaan Merkuri dan Sianida dari Penambangan Ilegal di Sulteng

Kegiatan dimulai dari senam sehat bersama masyarakat yang digerakkan pihak Puskesmas Talise.

Setelah itu, warga menerima pemeriksaan kesehatan yang mencakup pengukuran gula darah, asam urat, dan kolesterol yang dilakukan oleh petugas dari Puskesmas Talise dan CPM.

Kegiatan kolaborasi antara Puskesmas dan CPM bertujuan untuk memperluas akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Kerjasama antara pemerintah kota dan CPM ini diharapkan dapat berlanjut ke depannya, sehingga masyarakat yang mungkin berada di daerah terpencil atau jauh dari pelayanan kesehatan dapat dijangkau secara menyeluruh,” jelas Arifin.

BACA JUGA :  Sengketa Tanah Poboya Terus Bergulir di PTUN Kota Palu

Dari Puskesmas Talise, sekitar 10 paramedis dan satu dokter turut serta dalam kegiatan ini, dan ada juga petugas laboratorium.

Sementara dari pihak CPM, mereka membawa sekitar 1 dokter dan  2 tenaga medis.

Kerjasama ini menjadi bukti nyata komitmen bersama untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Moh Rizky Sultan, Officer PPM-CSR PT CPM, mengungkapkan, kegiatan ini sudah beberapa kali dilakukan dengan tujuan untuk memberdayakan masyarakat di wilayah lingkar tambang.

“Program ‘Jumat Sehat Bersama’ PT CPM adalah salah satu upaya kami dalam mendukung pembangunan dan pemerintahan kota, khususnya dalam meningkatkan kesehatan masyarakat di wilayah daerah lingkar tambang, termasuk yang berada di luar kota,” jelasnya.

BACA JUGA :  Longsor di PETI Kontrak Karya CPM, Satu Penambang asal Kotamobagu Tewas, 2 Luka-luka

Harapan dari pihak CPM dan pemerintahan adalah bahwa melalui program kesehatan ini, derajat kesehatan masyarakat di wilayah lingkar tambang akan meningkat, yang diharapkan akan berdampak positif pada kesejahteraan mereka.

Keberlanjutan kerjasama seperti ini diharapkan akan terus memberikan manfaat yang signifikan bagi kesejahteraan masyarakat di daerah lingkar tambang.(abd)