Tutup
Sulawesi Tengah

DPRD Morowali Utara Koordinasikan Isu Pertambangan dengan Dirjen Minerba

×

DPRD Morowali Utara Koordinasikan Isu Pertambangan dengan Dirjen Minerba

Sebarkan artikel ini
Ketua DPRD Morowali Utara (Morut), Warda Dg Mamala, memimpin kunjungan delegasi sekitar 10 anggota DPRD Morut ke Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba) pada Jumat, 3 November 2023.

JAKARTA, Kabar Selebes – Ketua DPRD Morowali Utara (Morut), Warda Dg Mamala, memimpin kunjungan delegasi sekitar 10 anggota DPRD Morut ke Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba) pada Jumat, 3 November 2023.

Kunjungan ini dilakukan dalam upaya memperkuat koordinasi terkait isu-isu pertambangan di daerah tersebut.

Advertisment
Scroll hingga akhir

Warda Dg Mamala menjelaskan bahwa tujuan kunjungan ini adalah untuk mendekatkan pelayanan terkait pertambangan, sehingga penanganan permasalahan seperti protes warga terkait pertambangan atau kompensasi lahan dapat lebih efisien.

“DPRD Morut siap berkoordinasi dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pertambangan untuk mempermudah koordinasi dalam menanggapi permasalahan terkait pertambangan,” kata Warda.

Warda Dg Mamala menekankan kembali bahwa kunjungan dan koordinasi ini bertujuan untuk memudahkan penanganan permasalahan terkait pertambangan, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat Morowali Utara.

Dirjen Minerba, Letjen TNI (Purn) Bambang Suswantono, memberikan respon positif terhadap kunjungan dan koordinasi yang dilakukan oleh DPRD Morut.

Ia mengakui bahwa DPRD Morut tidak hanya fokus pada manfaat ekonomi dari pertambangan, tetapi juga memperhatikan aspek sosial, lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat.

Bambang Suswantono menegaskan pentingnya keseimbangan antara aspek ekonomi dan sosial dalam keberlangsungan usaha pertambangan. Dalam rangka meningkatkan pengawasan, ia menyatakan niatnya untuk berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dalam membentuk sistem teknologi informasi yang dapat mendekatkan pelayanan dan pengawasan pertambangan di Morut.

Selain itu, Dirjen Minerba juga berencana membentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dan menempatkan inspektur tambang di Morut.

Langkah-langkah ini dianggap sebagai upaya konkret untuk mengoptimalkan manfaat ekonomi dan sosial dari kegiatan pertambangan di wilayah tersebut.(hen)

 

Silakan komentar Anda Disini….