Tutup
Nasional

Wakil Ketua MUI: Indonesia harus Membela Palestina sebagai Bangsa Terjajah

×

Wakil Ketua MUI: Indonesia harus Membela Palestina sebagai Bangsa Terjajah

Sebarkan artikel ini
Mass aksi akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina mengibarkan bendera raksasa, Minggu (5/11/2023). (ANTARA FOTO)

JAKARTA, Kabar Selebes – Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menggarisbawahi pentingnya solidaritas Indonesia dalam membela bangsa yang masih terjajah, seperti Palestina.

Dalam pidatonya saat Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu pagi, Anwar menyatakan bahwa Indonesia memiliki tanggung jawab moral untuk mendukung kemerdekaan bangsa lain.

“Sebagai bangsa yang diberi amanat oleh konstitusi untuk menciptakan perdamaian di dunia, kita tidak bisa berpaling dari kewajiban membantu bangsa yang sedang terjajah. Penolakan terhadap segala bentuk penjajahan adalah salah satu nilai yang harus kita junjung tinggi,” tegas Anwar.

Lebih lanjut, Anwar membahas hak kemerdekaan sebagai hak universal yang harus diperjuangkan oleh semua bangsa.

“Kemerdekaan adalah hak setiap bangsa. Oleh karena itu, kita wajib berdiri di samping rakyat Palestina yang telah lama dijajah oleh Israel sejak tahun 1948,” katanya.

Anwar juga mengungkapkan keyakinannya bahwa rakyat Palestina memiliki semangat dan tekad yang kuat untuk meraih kemerdekaan, meskipun mereka mungkin memiliki keterbatasan sumber daya dan senjata dalam konflik mereka dengan Israel.

“Lihat semangat juang mereka, lihat tekad bulat mereka. Ini adalah bukti bahwa ketika sebuah bangsa bersatu dan berjuang, mereka mampu mencapai kemerdekaan,” ujarnya.

Sebagai contoh, Anwar menyoroti sejarah perjuangan beberapa bangsa lain yang berhasil memerdekakan diri dari penjajahan yang lebih kuat, seperti Vietnam yang berhasil mengusir Amerika dan Afghanistan yang mengusir Uni Soviet.

Anwar juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mendoakan rakyat Palestina agar segera merdeka dari penjajahan Israel.

“Semoga Allah senantiasa melindungi dan memberikan rida pada perjuangan rakyat Palestina,” katanya.

Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Monas dihadiri oleh sejumlah pejabat pemerintah, termasuk Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, serta Ketua Prakarsa Persahabatan Indonesia-Palestina Din Syamsudin.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yang juga memberikan dukungan kepada perjuangan kemerdekaan Palestina.***

Silakan komentar Anda Disini....