Sulawesi Tengah

Pemda Tojo Unauna dan BTNKT Kepulauan Togean Jalin Kerja Sama Kemitraan dan Pemberdayaan Masyarakat

11
×

Pemda Tojo Unauna dan BTNKT Kepulauan Togean Jalin Kerja Sama Kemitraan dan Pemberdayaan Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Unauna dan Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (BTNKT) telah resmi menandatangani perjanjian kerja sama kemitraan konservasi dan penyerahan bantuan pemberdayaan masyarakat untuk daerah penyangga kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, pada Tahun Anggaran 2023, Rabu (29/11/2023).

AMPANA, Kabar Selebes – Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Unauna dan Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (BTNKT) telah resmi menandatangani perjanjian kerja sama kemitraan konservasi dan penyerahan bantuan pemberdayaan masyarakat untuk daerah penyangga kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, pada Tahun Anggaran 2023, Rabu (29/11/2023).

Bupati Tojo Unauna, Mohammad Lahay, yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan Kesra, Alfian Matajeng, bersama dengan perwakilan masyarakat penerima bantuan pemberdayaan, turut menandatangani perjanjian tersebut.

Alfian Matajeng menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan langkah konkret dalam mendukung upaya konservasi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar Taman Nasional Kepulauan Togean.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Alfian Matajeng, Bupati Tojo Unauna mengungkapkan bahwa Kepulauan Togean merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Sulawesi Tengah.

Taman Nasional Kepulauan Togean telah banyak berupaya untuk memberikan bantuan pemberdayaan dan meningkatkan usaha ekonomi produktif masyarakat setempat.

“Kedepannya, Pemerintah Daerah berharap BTNKT dapat mempertahankan komitmennya dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Tojo Unauna dalam meningkatkan sumber daya manusia dan pemberdayaan masyarakat di Kepulauan Togean,” ujar Alfian Matajeng, membacakan sambutan Bupati.

Kerja sama ini tidak hanya mencakup aspek konservasi alam, tetapi juga fokus pada pengembangan ekonomi masyarakat setempat.

Pemberdayaan masyarakat diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan dan keberlanjutan lingkungan di sekitar kawasan Taman Nasional.

Dengan ditandatanganinya perjanjian ini, diharapkan akan terwujud sinergi yang kuat antara pemerintah daerah dan BTNKT dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan pelestarian keanekaragaman hayati di Taman Nasional Kepulauan Togean. (shl)