Sulawesi Tengah

Kakanwil Kemenkumham Sulteng Apresiasi Program Pembinaan dan Kesejahteraan WBP di Rutan Palu

17
×

Kakanwil Kemenkumham Sulteng Apresiasi Program Pembinaan dan Kesejahteraan WBP di Rutan Palu

Sebarkan artikel ini
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kakanwil Kemenkumham Sulteng), Hermansyah Siregar, melaksanakan kunjungan perdana ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu pada Sabtu (2/11/2023).

PALU, Kabar Selebes – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kakanwil Kemenkumham Sulteng), Hermansyah Siregar, melaksanakan kunjungan perdana ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu pada Sabtu (2/11/2023).

Kunjungan tersebut bertujuan untuk meninjau dan memberikan apresiasi terhadap program pembinaan dan kesejahteraan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kakanwil Hermansyah Siregar disambut langsung oleh Kepala Rutan Palu, Yansen, beserta jajaran dalam kunjungan tersebut.

Ia melakukan peninjauan terhadap berbagai fasilitas dan sarana prasarana yang mendukung program pemasyarakatan, termasuk ruangan kunjungan, klinik kesehatan, dan dapur.

Pengecekan teknis seperti sistem database pemasyarakatan juga menjadi fokus kunjungan.

Dalam pernyataannya, Kakanwil Hermansyah memberikan apresiasi tinggi terhadap kelancaran pelaksanaan program pemasyarakatan di Rutan Palu.

“Sangat baik, apresiasi setinggi-tingginya atas lancarnya program pemasyarakatan disini, ini harus terus ditingkatkan,” ujar Kakanwil Hermansyah.

Lebih lanjut, Hermansyah Siregar menekankan bahwa peran Rutan Palu tidak hanya terbatas pada memastikan hak-hak WBP terpenuhi, tetapi juga melibatkan tanggung jawab untuk mempersiapkan para WBP agar memiliki kapasitas diri yang cukup untuk mendukung kehidupan mereka setelah keluar dari Rutan Palu.

“Pesan untuk semua jajaran pemasyarakatan, bahwa para WBP kita mesti memiliki kemampuan untuk bisa hidup mandiri, hidup lebih baik ketika telah keluar dari sini. Siapkan mereka semua agar bisa memimpin ditengah-tengah keluarga dan masyarakat, mereka harus terbebas dari stigma negatif,” jelas Kakanwil Hermansyah.

Kepala Rutan Palu, Yansen, mengaku bersyukur atas kunjungan tersebut dan berkomitmen untuk memastikan pembinaan yang diberikan akan bermanfaat bagi kehidupan WBP ketika mereka kembali ke tengah masyarakat.

“Saran dan dukungan dari bapak sangat memotivasi kami, kita akan terus berusaha memberikan pembinaan yang lebih baik,” ungkap Yansen.

Kunjungan tersebut juga menjadi istimewa karena Kakanwil Hermansyah Siregar turut berkomunikasi dan bernyanyi bersama para WBP, menciptakan suasana positif dan mendukung kesejahteraan mereka.

“Senang mendengar mereka semua sehat-sehat, ini berarti pemenuhan hak mereka benar-benar terpenuhi dengan baik,” tambah Kakanwil Hermansyah.***