Pemilu 2024

Hanya Hadiri Undangan Silaturahmi, Bawaslu Sulteng Ingatkan Anies Baswedan tidak Berkampanye di Morowali

185
×

Hanya Hadiri Undangan Silaturahmi, Bawaslu Sulteng Ingatkan Anies Baswedan tidak Berkampanye di Morowali

Sebarkan artikel ini
Capres Anies Baswedan dan Wakil Ketua Nasdem Ahmad Ali.(Foto; Dok FB Ahmad Ali)

PALU, Kabar Selebes – Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Tengah, Fadlan, memberikan tanggapan terkait kehadiran Calon Presiden Nomor Urut 2 Anies Baswedan di Kabupaten Morowali, Sabtu (16/12/2023).

Dalam jadwal yang beredar, Anies Baswedan akan menghadiri silaturahmi pada acara Haul almarhumah Ibunda Ahmad Ali, wakil ketua Nasdem dan Coach Timnas AMIN di Desa Wosu, Morowali.

Fadlan menjelaskan bahwa kehadiran Anies dalam acara tersebut bukan dalam konteks kampanye, melainkan sebagai undangan silaturahmi, haul dan tabligh akbar.

“Pak Anies itu datang menghadiri undangan haul Almarhumah Ibu Pak Mat Ali. Untuk berkampanye memang tidak. Kami hanya melakukan upaya pencegahan saja jangan sampai terkategori rapat umum yang mana waktunya belum dimulai, kecuali pada tanggal 21 Januari s.d 10 februari 2024,” kata Fadlan, Sabtu siang.

Fadlan menegaskan bahwa Bawaslu berkomitmen untuk menjalankan fungsi pencegahan dan pengawasan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Terkait apa yang boleh dan tidak, Fadlan menyampaikan bahwa Bawaslu telah memberikan imbauan yang jelas terkait batas waktu kampanye, yang diatur pada tanggal 21 Januari hingga 10 Februari 2024.

“Intinya, Bawaslu fokus pada upaya pencegahan agar kegiatan yang melibatkan calon tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Fadlan menekankan bahwa kehadiran Anies dalam acara tersebut adalah bagian dari silaturahmi dengan masyarakat Morowali, dan Bawaslu menilai bahwa hal tersebut tidak termasuk dalam kategori rapat umum yang waktu pelaksanaannya belum dimulai.

Dengan demikian, Bawaslu Sulteng mengingatkan seluruh pihak untuk tetap mematuhi aturan yang berlaku agar proses pemilihan berlangsung dengan adil, transparan, dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan dijadwalkan untuk mengunjungi Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, pada Sabtu, 16 Desember 2023, untuk menghadiri acara tabligh akbar dan Haul Ibunda Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali.

Selain itu, Anies juga akan melakukan silaturahmi dengan warga Morowali di Lapangan Sangiang Kinambuka Bungku Tengah.

Dalam rundown yang beredar di media sosial, Anies Baswedan akan tiba di Bandara IMIP Bahodopi pukul 13.00 WITA. Anies akan diiringi konvoi tim koalisi dan tim relawan Capres No.1.

Anies dan rombongan akan beristirahat di Desa Wosu hingga malam hari.

Malam harinya pukul 20.00 -22.00, Anies Baswedan akan menghadiri undangan Tabligh Akbar dan Haul memperingati wafatnya Hj. Sa’adia Binti H. Himran, Ibunda Ahmad Ali, Coach Timnas Anis-Muhaimin.(abd)