Sulawesi Tengah

BNN Peringatkan Cairan Vape Elektrik di Palu Dikhawatirkan Mengandung Narkoba

36
×

BNN Peringatkan Cairan Vape Elektrik di Palu Dikhawatirkan Mengandung Narkoba

Sebarkan artikel ini
Kepala BNN Kota Palu, AKBP Baharuddin Menunjukkan Sejumlah barang bukti Narkoba, salah satunya Jenis Liquid Vape Elektrik Mengandung Narkoba. (Foto: Katrin/Kausa.id)

PALU, Kabar Selebes – Popularitas penggunaan vape atau rokok elektrik di kalangan pemuda di kota Palu kini menjadi sorotan serius setelah terungkap bahwa jaringan narkoba memanfaatkannya untuk memperjualbelikan barang dagangannya.

Salah satu cara yang mereka gunakan adalah dengan memperdagangkan narkoba yang dikamuflase menjadi Liquid Vape elektrik.

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palu telah mengeluarkan peringatan kepada masyarakat untuk waspada terhadap cairan vape rokok elektrik yang diduga mengandung narkoba dan kini beredar secara daring.

BACA JUGA :  Berantas Narkoba, Petugas Rutan dan Warga Binaan di Poso Tes Urine

AKBP Baharuddin, Kepala BNN Kota Palu, menyampaikan peringatan ini dalam konferensi pers pada Kamis (20/11/2023). Ia mengungkapkan bahwa narkoba kini dibuat lebih praktis dengan menggunakan varian baru, yaitu berbentuk Liquid atau cairan Vape.

Dalam konferensi pers tersebut, Baharuddin menunjukkan dua botol liquid Vape yang mengandung narkoba yang berhasil disita dari sebuah paket dengan alamat penerima di Kelurahan Tatura Utara, kecamatan Palu Selatan.

BACA JUGA :  91 Narkoba Jenis Baru Marak Beredar, BNN Poso: Kalau di Poso Belum Kami Temukan

Baharuddin menyatakan bahwa peredaran narkoba jenis liquid sudah terjadi di Indonesia sejak tiga tahun lalu. Para pengedar, katanya, ingin menyasar masyarakat, terutama mereka yang belum menjadi pengguna narkoba.

“Pertengahan tahun 2023, telah ditemukan sabu cair di Jakarta, dan tidak menutup kemungkinan hal serupa bisa terjadi di Palu, seperti yang kami temukan dalam pengiriman penjualan online baru-baru ini dalam bentuk Liquid,” jelasnya.

BACA JUGA :  Pemkab dan BNN Poso Ikut Sosialisasi Inpres Nomor 2 Tahun 2020 Melalui Virtual

Ia juga menghimbau kepada masyarakat pengguna Vape atau rokok elektrik agar berhati-hati dalam memilih produk. Peringatan ini menjadi langkah preventif dalam upaya mengatasi peredaran narkoba yang semakin kreatif dan meresahkan di kalangan pemuda.(kausa)