Sulawesi Tengah

PT IMIP Beri Santunan Rp600 Juta bagi Setiap Korban Meninggal Dunia di PT ITSS Morowali

37
×

PT IMIP Beri Santunan Rp600 Juta bagi Setiap Korban Meninggal Dunia di PT ITSS Morowali

Sebarkan artikel ini
Dedy Kurniawan (Foto:Antara)

PALU, Kabar Selebes – Pasca-kecelakaan kerja tragis di PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di Kawasan Industri Morowali Industrial Park (IMIP), PT IMIP mengambil langkah besar sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian terhadap para korban dan keluarga mereka.

Dedy Kurniawan, Kepala Media Relations PT IMIP, menyampaikan bahwa PT IMIP akan memberikan santunan sebesar Rp600 juta untuk setiap korban yang meninggal dunia dalam musibah tersebut.

“Santunan ini akan diserahkan secara simbolis kepada perwakilan ahli waris dari pihak keluarga korban. Selain itu, korban non-fatality juga akan menerima santunan sesuai dengan kasus masing-masing,” jelas Dedy, Selasa (26/12/2023).

BACA JUGA :  Bupati Terima Rombongan Pemda Buol, Sekretaris Bapenda: Kunker di Morowali Ini Langkah Strategis Pengelolaan Pajak dan Investasi

Sebelumnya, PT IMIP telah menyalurkan santunan awal sebesar Rp25 juta per orang bagi korban yang meninggal dunia, termasuk biaya pengantaran jenazah hingga tiba di rumah keluarga masing-masing.

“Perusahaan juga telah berkoordinasi dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan santunan tambahan kepada korban meninggal,” lanjut Dedy.

Santunan ini mencakup jaminan sebanyak 48 kali dari upah pokok terendah, dana pemakaman sebesar Rp10 juta, santunan berkala sebesar Rp12 juta, dan Jaminan Hari Tua (JHT) yang dibayarkan sesuai iuran yang telah dibayarkan untuk masing-masing pekerja.

BACA JUGA :  Kapolres Morowali Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 16 Personel

Dedy Kurniawan menegaskan, Korban meninggal yang memiliki anak usia sekolah akan mendapatkan santunan pendidikan maksimal untuk dua orang anak, mulai dari jenjang taman kanak-kanak (TK) hingga perguruan tinggi.

Sementara itu, bagi korban yang masih mendapat perawatan intensif di RSUD Morowali di Bungku, PT IMIP memastikan bahwa biaya pengobatan ditanggung sepenuhnya.

BACA JUGA :  BPC-HIPMI Morowali Belum Sepenuhnya Dilibatkan Dalam Investasi

Selama perawatan, perusahaan juga memastikan kebutuhan korban, baik fisik maupun psikis, terpenuhi sebagai bentuk keprihatinan dan kepedulian.

Investigasi mengenai sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lokasi kejadian masih berlangsung, dan PT IMIP berkomitmen untuk bekerja sama dengan pihak berwenang dalam menangani dampak serta melakukan perbaikan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.***