Sulawesi Tengah

Dokter dan Perawat Rutan Palu Divaksin Anti-Hepatitis B

4
×

Dokter dan Perawat Rutan Palu Divaksin Anti-Hepatitis B

Sebarkan artikel ini
- Dokter dan perawat Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu akan menjalani vaksinasi anti-Hepatitis B.

PALU, Kabar Selebes – Dokter dan perawat Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu akan menjalani vaksinasi anti-Hepatitis B. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan virus Hepatitis B di lingkungan Rutan.

Vaksinasi akan dilakukan setelah dokter dan perawat menjalani skrining Hepatitis B menggunakan tes cepat HBsAg dan anti-HBs. Bila kedua hasil tes tersebut negatif atau non reaktif, maka tenaga kesehatan dapat diberikan vaksinasi anti-Hepatitis B.

BACA JUGA :  Tidak Terbukti Terlibat Kasus Narkoba, Narapidana di Lapas Luwuk Banggai Dibebaskan

Dokter penanggung jawab Klinik Rutan Sehat, dr Longginus Arief Tricahyono, mengatakan vaksinasi anti-Hepatitis B sangat penting dilakukan untuk melindungi tenaga kesehatan dari risiko penularan penyakit Hepatitis B.

“Hepatitis B adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Hepatitis B yang dapat menyerang hati. Penyakit ini dapat menular melalui kontak darah, cairan tubuh, dan hubungan seksual,” ujar dr Arief.

BACA JUGA :  Cegah Peredaran Narkoba, Kemenkumham Sulteng Tingkatkan Pengawasan di Lapas dan Rutan

Kepala Rutan, Yansen, menyambut baik upaya deteksi dini dan vaksinasi anti-Hepatitis B bagi tenaga kesehatan di Rutan Palu.

“Kami berharap melalui imunisasi anti-Hepatitis B seluruh tenaga kesehatan khususnya yang bertugas di Klinik Rutan Sehat terhindar dari risiko penularan penyakit Hepatitis B,” tutur Yansen.

Vaksinasi anti-Hepatitis B akan dilakukan secara bertahap. Tenaga kesehatan yang akan menjalani vaksinasi akan dijadwalkan oleh petugas Klinik Rutan Sehat.

BACA JUGA :  Kanwil Kemenkumham Sulteng Borong 5 Penghargaan IKPA dengan Capaian 100 % oleh KPPN Palu