Politik

Lima Nama Diprediksi Bertarung di Pilgub 2024 Sulawesi Tengah

1960
×

Lima Nama Diprediksi Bertarung di Pilgub 2024 Sulawesi Tengah

Sebarkan artikel ini
Penulis: Abdee Mari

PALU, Kabar Selebes – Politik Sulawesi Tengah semakin menghangat seiring munculnya lima tokoh potensial yang siap memperebutkan kursi Gubernur dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024 mendatang. Nama-nama ini telah menarik perhatian publik dengan latar belakang politik dan pengalaman yang beragam.

Hidayat Lamakarate, mantan Sekretaris Provinsi Sulteng, menjadi salah satu figur yang mencuri perhatian. Pada tahun 2019, dia telah menantang Rusdy Mastura dalam pertarungan calon gubernur.

Saat ini Hidayat Lamakarate menjadi Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Tengah.

Ahmad Ali, Wakil Ketua Umum Partai Nasdem dan anggota DPR RI, juga menjadi sorotan. Dikenal sebagai figur yang berpengaruh di level nasional, kehadirannya menambah warna dalam dinamika politik lokal. Tahun 2019, pernah menjadi suksesor Rusdy Mastura untuk menjadi gubernur Sulawesi Tengah.

BACA JUGA :  Ketua DMI Sulteng Ahmad Ali Pertanyakan Keislaman Orang yang Tidak Suka Pemimpin yang Cinta Masjid

Ahmad Ali bahkan menjadi Head Coach Timnas Capres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Ahmad Ali saat ini mencoba peruntungan untuk kembali ke Senayan melalui daerah pemilihan Jakarta I.

Rusdy Mastura, yang kini menjabat sebagai Dewan Pakar Partai Gerindra Sulteng dan Gubernur petahana, tetap menjadi sosok yang patut diperhitungkan. Meskipun menghadapi tantangan dari berbagai pihak, namun pengalamannya dalam kepemimpinan membuatnya tetap menjadi pesaing yang kuat.

Banyak yang meragukan apakah Rusdy Mastura masih  bisa bertarung di Pilgub 2024 mengingat politisi senior yang pernah menjadi walikota Palu dua periode ini pernah dirawat lama di Jakarta. Namun saat ini Rusdy Mastura terlihat sangat bugar.

BACA JUGA :  Misteri Patung Megalitik 3000 Tahun Sulawesi Tengah yang siap meriahkan dunia

Anwar Hafid, Ketua DPD Demokrat Sulteng dan anggota DPR RI, juga tidak kalah menarik perhatian. Dikenal sebagai pemimpin yang memiliki visi jelas, kehadirannya dalam arena Pilgub Sulawesi Tengah akan menambah semarak persaingan.

Anwar Hafid pernah akan berpasangan dengan Sigit Purnomo Said alias Pasha Ungu namun sayang keduanya terjegal oleh dukungan partai koalisi. Anwar Hafid bahkan pernah menjadi Bupati Morowali selama dua periode.

Saat ini Anwar Hafid dipastikan melenggang kembali ke Senayan setelah memperoleh suara signifikan di Pileg 2024.

BACA JUGA :  Demokrat Sulteng Tolak Kenaikan BBM

Terakhir, Arus Abdul Karim, Ketua DPD Partai Golkar Sulawesi Tengah dan Wakil Ketua DPRD Sulteng, juga turut mencuat sebagai salah satu kandidat potensial. Dengan jaringan politik yang kuat, dia menjadi ancaman serius bagi para pesaingnya.

Arus Abdul Karim saat ini dipastikan kembali duduk di kursi DPRD Sulteng setelah meraup suara siginifikan di Pileg 2024.

Dengan adanya lima tokoh berpengaruh ini, Pilgub 2024 di Sulawesi Tengah diprediksi akan menjadi pertarungan sengit yang memikat perhatian publik. Masyarakat menantikan program dan visi dari masing-masing kandidat untuk membawa kemajuan bagi daerah ini.