Ekonomi

Indosat dan Huawei Teken MoU untuk Meningkatkan Inovasi Teknologi di Ranah Digital

39
×

Indosat dan Huawei Teken MoU untuk Meningkatkan Inovasi Teknologi di Ranah Digital

Sebarkan artikel ini
Editor: Abdee Mari
ndosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) dan Huawei menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang pengembangan digital dengan tujuan untuk mendukung pengembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), aplikasi industri, pembangunan ekosistem, dan pengembangan kompetensi talenta.

BARCELONA, Kabar Selebes – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) dan Huawei telah resmi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) di Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona.

Kesepakatan ini bertujuan untuk memperkuat pengembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), aplikasi industri, pembangunan ekosistem, dan pengembangan kompetensi talenta dalam ranah digital.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, dan Jacqueline Shi, President of Global Marketing and Sales Service Dept of Huawei Cloud Computing.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Halim Alamsyah, Komisaris Utama Indosat Ooredoo Hutchison; Rudiantara, Komisaris Independen Indosat Ooredoo Hutchison; Mark Chen, Vice President, Global Marketing and Sales Service Dept, Huawei Cloud; dan Daniel Wu, Huawei Indonesia Indosat Account Director.

BACA JUGA :  Gelar Turnamen H3RO Esports 4.0, Tri Buka Era Baru pada Kompetisi Esports di Indonesia

Kedua belah pihak sepakat bahwa AI telah menjadi pendorong utama dalam kemajuan teknologi global dan transformasi industri. Dalam konteks Indonesia, AI diharapkan dapat menjadi katalisator dalam pertumbuhan ekonomi digital yang pesat.

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer, Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, Indosat Ooredoo Hutchison berkomitmen untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia.

BACA JUGA :  Layanan Jaringan Indosat makin luas, Traffic data pelanggan melonjak drastis saat lebaran 2023

“Kemitraan ini memungkinkan kami untuk memanfaatkan ekosistem AI dan cloud dengan lebih efektif, yang pada gilirannya akan membawa kami lebih dekat untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045,” kata Vikram Sinha.

Huawei, melalui kolaborasi dengan Indosat, berkomitmen untuk terus berinovasi dalam public cloud dan aplikasi AI serta menyediakan layanan yang lebih beragam bagi pengguna dan bisnis lokal.
Dukungan teknis dan komersial Huawei di bidang public cloud dan AI diharapkan dapat memberikan dorongan besar dalam pengembangan ekonomi digital di Indonesia.

BACA JUGA :  Empat Operator Telekomunikasi Indonesia Meluncurkan Tiga Layanan API dalam Inisiatif GSMA Open Gateway

Jacqueline Shi, President of Global Marketing and Sales Service Dept of Huawei Cloud Computing, menambahkan, Pihaknya sangat bangga atas kolaborasi ini dengan Indosat Ooredoo Hutchison.

“Di Huawei, kami melihat kemitraan ini sebagai langkah penting dalam mewujudkan visi bersama untuk memanfaatkan kekuatan AI dan cloud computing guna mendorong pertumbuhan dan peluang di berbagai sektor industry,” jelas Jacqueline Shi.

Kolaborasi antara Indosat dan Huawei ini menandai langkah maju dalam pemanfaatan teknologi AI dan cloud computing untuk memajukan ekonomi digital Indonesia.***