Teknologi

Gandeng NVIDIA, Indosat Dorong Revolusi AI di Indonesia

29
×

Gandeng NVIDIA, Indosat Dorong Revolusi AI di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Editor: Abdee Mari
Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) group berkolaborasi dengan NVIDIA dalam membentuk lanskap teknologi dan mendorong Indonesia ke barisan terdepan revolusi Artificial Intelligence (AI) pada skala global, memasuki tahapan baru era inovasi dan digitalisasi.

BARCELONA, Kabar Selebes – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) group telah menjalin kemitraan strategis dengan NVIDIA, perusahaan teknologi terkemuka, dalam upaya mempercepat pertumbuhan teknologi AI di Indonesia.
Kesepakatan ini, yang ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) di Mobile World Congress (MWC) 2024 Barcelona, menetapkan dasar bagi transformasi digital Indonesia ke era AI yang lebih maju.

Dalam kerangka kolaborasi ini, Indosat, melalui anak perusahaannya Lintasarta, akan menjadi NVIDIA Cloud Provider Partner pertama di Indonesia. Mereka akan menyajikan platform AI full-stack NVIDIA, termasuk akses ke teknologi GPU terbaru dengan pusat data high-density yang terkoneksi dengan internet publik hingga 400 Gbps.

BACA JUGA :  Indosat dan Cisco Gencar Berdayakan Masyarakat Indonesia Melalui Pelatihan Cybersecurity

Layanan AI Cloud yang disediakan oleh Indosat dan Lintasarta akan mendukung pengembangan pusat data generasi baru yang berkelanjutan dan hyper-connected, dilengkapi dengan kecerdasan buatan.

Kemitraan ini diharapkan akan memberikan akses kepada berbagai institusi, baik pemerintah, swasta, maupun startup, untuk memanfaatkan platform AI Cloud canggih yang dapat meningkatkan produktivitas, mengoptimalkan proses, dan meningkatkan efisiensi operasional lintas industri.

Hal ini juga diharapkan akan memperkuat posisi Indonesia sebagai pemimpin AI Cloud global, membawa kemajuan teknologi dan inovasi.

BACA JUGA :  Majukan Industri Konten Kreatif di Indonesia, Indosat dan Noice jalin kerja sama

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, Kolaborasi ini menandai momentum penting bagi perjalanan Indonesia menuju bangsa digital global yang didukung oleh kemampuan AI.

“Teknologi ini nantinya akan diimplementasikan pada pusat data yang dioperasikan oleh BDx Indonesia, sebuah perusahaan patungan Indosat Ooredoo Hutchison, Lintasarta, dan BDx Data Centers,” kata Vikram.

Bayu Hanantasena, President Director and Chief Executive Officer Lintasarta, menambahkan, “Kami sangat antusias menyambut kerja sama dengan NVIDIA. Langkah ini menandai komitmen kami dalam mendorong Indonesia menjadi yang terdepan dalam komunitas AI Cloud tingkat global.”

BACA JUGA :  Indosat catatkan laba bersih Rp24,7 triliun pada semester I 2023

Ronnie Vasishta, Senior Vice President of Telecom NVIDIA, juga menyatakan, Indosat Ooredoo Hutchison group melalui Lintasarta sedang memperluas peranannya di Indonesia untuk menyediakan infrastruktur AI yang penting dan berdaulat.

Kolaborasi ini tidak hanya membuka pintu bagi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, tetapi juga memberikan fondasi yang kokoh untuk masa depan digital yang berkelanjutan.

Dengan menggabungkan keahlian dari kedua belah pihak, Indonesia diharapkan dapat memimpin jalannya inovasi dan menciptakan ekosistem digital yang komprehensif.***