Sulawesi Tengah

Pemprov Sulteng Gelar Rakornis Pariwisata Se-Sulawesi Tengah 2024

50
×

Pemprov Sulteng Gelar Rakornis Pariwisata Se-Sulawesi Tengah 2024

Sebarkan artikel ini
Salah satu tarian yang diperagakan dalam kegiatan Dinas Pariwisata Sulawesi Tengah

PALU, Kabar Selebes – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui Dinas Pariwisata menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pariwisata Se-Sulawesi Tengah Tahun 2024. Rakornis ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Novalina di Pantai Wisata Kura-Kura Boneoge, Kabupaten Donggala, pada Rabu (28/2/2024).

Dalam sambutannya, Novalina berharap agar pemerintah daerah di setiap kabupaten/kota mampu memaksimalkan dan mempromosikan potensi wisata daerahnya.

BACA JUGA :  Destinasi Wisata dan Pelaku Usaha Industri Keparawisataan di Palu Mulai Beroperasi

“Sulteng memiliki wisata alam, wisata buatan maupun wisata budaya yang unik dan menarik. Potensi ini perlu dioptimalkan untuk menarik wisatawan dan meningkatkan pendapatan daerah,” ujar Novalina.

Novalina juga menyebutkan bahwa kunjungan wisatawan ke Sulteng pada tahun 2023 mencapai 8 ribu lebih orang untuk wisatawan mancanegara dan 5 juta lebih orang untuk wisatawan nusantara.

BACA JUGA :  Beredar Flyer Hoax Penggalangan Donasi Covid-19 Dengan Mencatut PKS

“Diharapkan setiap daerah bisa memetakan potensi wisata unggulan yang memiliki daya tarik dan menjanjikan peningkatan ekonomi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sulteng Diah Agustiningsih menambahkan bahwa tujuan Rakornis ini adalah untuk meningkatkan kerjasama dan sinergitas stakeholder pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kami berharap ada kerjasama antar kabupaten/kota dalam penguatan investasi dan industri dalam pembangunan pariwisata, pengembangan kawasan ekonomi kreatif, dan penyelenggaraan event unggulan,” terang Diah.

BACA JUGA :  Sebanyak 635 Personel Polda Sulteng Mendapat Kenaikan Pangkat di HUT Bhayangkara ke-74

Diah mengemukakan bahwa Rakornis 2024 mengusung tema “Sinergitas Kabupaten/Kota untuk Mendukung Penguatan Investasi Pariwisata”. Rakornis ini akan berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 28 Februari sampai dengan 1 Maret 2024.

“Kemajuan pariwisata akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, kami mendorong setiap daerah untuk memajukan wisatanya,” tutup Diah.***