Politik

Survey MSI: Ahmad Ali Unggul di Posisi Teratas dalam Perebutan Kursi Gubernur Sulawesi Tengah

1022
×

Survey MSI: Ahmad Ali Unggul di Posisi Teratas dalam Perebutan Kursi Gubernur Sulawesi Tengah

Sebarkan artikel ini
Editor: Abdee Mari
Direktur Media Survei Indonesia (MSI), Asep Rohmatullah (Kiri), Politisi Partai Nasdem Ahmad M Ali (kanan)

PALU, Kabar Selebes – Pemilihan Gubernur Sulawesi Tengah yang akan diselenggarakan bersamaan dengan 544 daerah lain di Indonesia pada tanggal 27 November mendatang telah menarik perhatian publik.

Sejumlah nama calon gubernur diprediksi akan maju, antara lain Gubernur petahana Rusdy Mastura, Wakil Gubernur Ma’mun Amir, Anggota DPR RI Ahmad Ali, Anwar Hafid, Supratman Andi Agtas, Bupati Sigi Moh. Irwan Lapatta, Kasman Lassa, mantan Sekretaris Daerah Sulteng Hidayat Lamakarate, Walikota Palu Hadianto Rasyid, dan Reny Lamadjido.

BACA JUGA :  Longki Djanggola : Pertemuan dengan Ahmad Ali karena Kebetulan Saja di Rumah Arus Abdul Karim

Direktur Media Survei Indonesia (MSI), Asep Rohmatullah, memberikan analisisnya terkait calon-calon tersebut. Menurut Asep, peluang kemenangan Ahmad Ali jauh lebih besar dibanding calon gubernur lainnya yang telah beredar.

“Apa bila Ahmad Ali mencalonkan diri sebagai Gubernur Sulawesi Tengah, saat ini dia berada di posisi terdepan,” ujar Asep.

Asep menjabarkan tiga faktor utama yang mendukung posisi unggul Ahmad Ali. Pertama, nama Ahmad Ali cukup populer dan lebih banyak dipilih berdasarkan hasil survei MSI bulan September 2023. 

BACA JUGA :  Panaskan Mesin Pilgub Sulteng 2024, Relawan Ahmad Ali Serentak Luncurkan Flayer "Berjuang Bersama Rakyat"

Kedua, Ahmad Ali memiliki infrastruktur partai dan jaringan yang solid. Dan ketiga, dia memiliki modal yang kuat, termasuk popularitas, elektabilitas, kapabilitas, dan dukungan finansial.

“Ahmad Ali memiliki paket lengkap. Sekarang, keputusan ada pada dirinya. Apakah dia akan maju dalam Pilgub Sulawesi Tengah?” tanya Asep.

Mantan peneliti Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA ini menyarankan agar Ahmad Ali memilih calon Wakil Gubernur yang dapat menambah dukungan dan bersedia bekerja sama dalam pemerintahan. Mengingat Ahmad Ali berasal dari Morowali (wilayah Timur), Asep merekomendasikan untuk mempertimbangkan tokoh yang mewakili lembah Palu, seperti Moh. Irwan Lapatta, Reny Lamadjido, Hidayat Lamakarate, atau yang lain.

BACA JUGA :  Diusulkan Maju Calon Gubernur Sulteng, Ahmad Ali : Ayo Bung Rebut Kembali!

“Ahmad Ali tentu tahu dengan siapa dia harus berpasangan. Dengan rekam jejak yang dimilikinya, tidak sulit baginya untuk memenangkan kontestasi Pilgub Sulawesi Tengah,” pungkas Asep