Sulawesi Tengah

UIN Palu Wisuda 407 Sarjana dan Pascasarjana, Diharapkan Jadi Pemimpin Masa Depan

22
×

UIN Palu Wisuda 407 Sarjana dan Pascasarjana, Diharapkan Jadi Pemimpin Masa Depan

Sebarkan artikel ini
Editor: Abdee Mari

PALU, Kabar Selebes – Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu mewisuda 407 orang sarjana dan pascasarjana pada wisuda ke-6 Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024, Kamis (29/2).

Rektor UIN Datokarama Palu, Prof. Dr. H. Lukman S. Thahir, M.Ag., dalam sambutannya menyampaikan bahwa wisuda merupakan akhir dari proses perkuliahan dan awal dari babak baru bagi para wisudawan. Ia berharap para wisudawan dapat menjadi pemimpin masa depan yang memiliki ilmu pengetahuan dan akhlak mulia.

“Saya mengucapkan selamat kepada para wisudawan. Semoga Allah SWT selalu mendampingi Anda semua dan memberkahi hidup Anda sehingga bisa menjadi calon-calon pemimpin di masa depan,” kata Prof. Lukman.

BACA JUGA :  UIN Datokarama Palu terima Mahasiswa Baru Non-Muslim untuk Peningkatan Moderasi Beragama

Rektor juga menyampaikan terima kasih kepada orang tua yang telah mempercayakan UIN Datokarama Palu untuk mendidik anak-anak mereka. Ia menegaskan bahwa UIN Datokarama Palu telah membekali para wisudawan dengan ilmu pengetahuan dan cinta, sehingga mereka siap untuk menghadapi berbagai tantangan zaman.

“InsyaAllah kami telah menitipkan kepada mereka ilmu dan cinta, sehingga mereka siap untuk menghadapi berbagai tantangan zaman,” kata Prof. Lukman.

Lebih lanjut, Prof. Lukman menjelaskan bahwa UIN Datokarama Palu memiliki visi untuk menjadi perguruan tinggi terdepan dalam integrasi ilmu, entrepreneurship, kearifan lokal, dan berwawasan Islam moderat.

BACA JUGA :  UIN Datokarama Palu Berikan Pendidikan Gratis Melalui Program KIP Kuliah untuk Warga Miskin di Sulteng

“UIN Datokarama Palu ingin mengintegrasikan antara ilmu umum dengan ilmu-ilmu agama. Bagi dosen ilmu umum, wajib diajarkan penguatan ilmu-ilmu Al-Quran dan Hadits, akhlak, tasawuf, falsafah, dan kalam. Begitu pula sebaliknya,” jelas Prof. Lukman.

Sementara itu, Rektor Universitas Tadulako (Untad), Prof. Dr. Ir. Amar ST. MT. IPU., yang menyampaikan orasi ilmiah dengan tema “Percepatan Peningkatan Kualitas Perguruan Tinggi melalui Transformasi Teknologi Informasi Digital”.

Prof. Amar mengatakan bahwa di era 4.0 dan society 5.0, informasi digital merupakan keniscayaan yang harus dihadapi. Perguruan tinggi di Sulawesi Tengah harus beradaptasi dengan cepat dan tepat terhadap perkembangan teknologi digital.

BACA JUGA :  LP2M UIN dan BRIDA Sulteng Diskusikan Strategi Pengentasan Kemiskinan

“Munculnya teknologi digital secara konstan akan menjadi tantangan bagi institusi pendidikan, karena potensinya untuk mengubah struktur pendidikan,” kata Prof. Amar.

Prof. Amar yakin UIN Datokarama Palu di bawah kepemimpinan Prof. Lukman dan jajarannya akan mampu memasuki era digital dan berkontribusi dalam memajukan pendidikan tinggi di Sulawesi Tengah.

“Di era sekarang ini, ada dua hal yang perlu dimiliki yaitu soft skill dan hard skill. Pengetahuan kita adalah hard skill, tapi yang paling menentukan keberhasilan kita adalah soft skill,” tutup Prof. Amar.