Sulawesi Tengah

Kerjasama Sulawesi-Kalimantan Diperkuat, Selat Makassar Summit Menjadi Wadah

33
×

Kerjasama Sulawesi-Kalimantan Diperkuat, Selat Makassar Summit Menjadi Wadah

Sebarkan artikel ini
Editor: Abdee Mari
Gubernur Rusdy Mastura

PALU, Kabar Selebes – Gagasan visioner Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdi Mastura untuk membentuk forum kerjasama pengelolaan potensi Selat Makassar, yang pertama kali digagas tahun 2009, akhirnya mulai digarap. Forum ini diharapkan dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat di kawasan tersebut.

Pada acara Rakor Road to Selat Makassar Summit 2024 di Hotel Santika, Senin (4/3), Gubernur Rusdi menjelaskan bahwa ide ini muncul saat beliau masih menjabat sebagai Walikota. Beliau melihat potensi besar Selat Makassar sebagai jalur perdagangan strategis dan ingin mengembangkan kerjasama antara Sulawesi dan Kalimantan.

“Kenapa tidak kita kembangkan kerjasama Sulawesi Kalimantan,” dorongnya kepada para peserta rakor.

Gubernur Rusdi juga menekankan pentingnya pembangunan wilayah penyangga Ibukota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Beliau mendorong agar peraturan presiden tentang pembangunan kawasan penyangga IKN segera diwujudkan.

“Jangan hanya IKN (dibangun) tapi wilayah penyangga juga harus dipikirkan karena 5 sampai 10 tahun lagi Kalimantan akan banyak membutuhkan logistik,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Road to Selat Makassar Summit Dr. Farid R. Yotolembah, M.Si berharap forum ini dapat menjadi wadah bagi pemerintah-pemerintah provinsi dan kabupaten kota se kawasan Selat Makassar untuk menyepakati kerjasama dalam berbagai bidang.

“Bekerjasama itu jauh lebih indah daripada berkompetisi dan seribu kawan itu masih terlalu sedikit daripada memiliki satu lawan,” harapnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat terkait dari Pemerintah Provinsi Sulteng, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Hadir pula narasumber dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.***