Pemilu 2024

KPU Sulteng Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

147
×

KPU Sulteng Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Editor: Abdee MariSumber Berita
Rapat pleno rekapitulasi suara KPU Kota Palu. (Foto: Antara)

PALU, Kabar Selebes  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) memulai rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat provinsi pada hari Senin (4/3).

Ketua KPU Sulteng Risvirenol menegaskan bahwa penyelenggaraan Pemilu 2024 telah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan KPU berkomitmen untuk bekerja sesuai norma yang berlaku.

BACA JUGA :  TKD Prabowo-Gibran Sulteng Yakin Menangkan Pilpres 2024 di Sulawesi Tengah

Rekapitulasi ini dilakukan berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten/kota di wilayah kerja KPU Sulteng. Risvirenol mengapresiasi kerja sama dan dukungan berbagai pihak yang telah membantu terselenggaranya pemilu dengan aman dan lancar.

Beberapa faktor kunci di balik pemilu damai di Sulteng termasuk sosialisasi dan edukasi masif oleh KPU, serta dukungan pengamanan dari TNI/Polri.

BACA JUGA :  KPU Sulteng Perkenalkan Pemilu Serentak 2024 kepada Mahasiswa di Palu

Rekapitulasi penghitungan perolehan suara ditargetkan berlangsung dari tanggal 4 hingga 6 Maret 2024. Risvirenol berharap keberhasilan penyelenggaraan pemilu yang damai ini dapat meningkatkan partisipasi pemilih di masa depan.

Pemilu tahun ini menggunakan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) untuk membantu rekapitulasi suara dan meningkatkan transparansi informasi kepada masyarakat. Hasil resmi tetap berdasarkan pleno rekapitulasi suara berjenjang dari tingkat kabupaten/kota hingga nasional.

BACA JUGA :  Berhasil Tundukkan Dapil Neraka Jakarta 1, Waketum Nasdem Ahmad Ali Berpeluang Kembali Duduk di Kursi DPR RI

Risvirenol juga menyampaikan bahwa sebanyak 22 orang badan ad hoc penyelenggara pemilu di Sulteng telah meninggal dunia dan ahli waris mereka telah menerima santunan sesuai ketentuan.

Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat provinsi dimulai dengan KPU Kabupaten Parigi Moutong sebagai penampil pertama.(ant)