Sulawesi Tengah

Sosialisasi Tambang Rakyat PT. SMS Bersama 22 Koperasi Disambut Antusias di Desa Oyom

63
×

Sosialisasi Tambang Rakyat PT. SMS Bersama 22 Koperasi Disambut Antusias di Desa Oyom

Sebarkan artikel ini
Editor: Abdee Mari
Pihak PT SMS melakukan sosialisasi kepada masyarakat

TOLITOLI, Kabar Selebes – Pertemuan sekaligus sosialisasi yang digelar oleh PT. Sulteng Mineral Sejahtera (SMS) bersama mitra koperasi binaan di Desa Oyom, Kecamatan Lampasio, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah pada Minggu (3/3/2024) mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat setempat.

Sebanyak sekitar 400 orang dari anggota koperasi binaan turut menghadiri acara tersebut, yang juga dihadiri oleh pejabat setempat, termasuk Camat Lampasio Moh. Yasin, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Arham AR, serta tokoh masyarakat dan tokoh adat.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT. SMS, Akhmad Sumarling, mengapresiasi dukungan penuh yang diberikan oleh masyarakat dan pemerintah setempat terhadap proyek tambang rakyat di Desa Oyom. Dia menegaskan komitmen perusahaan untuk memastikan bahwa sumber daya yang dikelola akan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat setempat.

BACA JUGA :  Semangat Ikhlas Serma Kalele, anggota Satgas TMMD bantu rakyat meski sedang patah tulang

“Pertemuan malam ini merupakan bukti dari kesolidan dan pendirian antara PT. SMS dan mitra koperasi binaan. Kami akan terus bekerja sama dengan pemerintah dan masyarakat setempat untuk menjaga keberlangsungan proyek ini,” kata Sumarling.

Sumarling juga menyampaikan bahwa pihaknya telah mengajukan permohonan izin pertambangan rakyat (IPR) kepada pihak berwenang, dan berharap izin tersebut segera dapat diterbitkan setelah proses otorisasi oleh Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulawesi Tengah.

BACA JUGA :  Optimalkan Layanan, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng akan Bangun Bapas di Tolitoli

Namun, perjalanan menuju perolehan izin tidaklah tanpa rintangan. Sumarling mengungkapkan bahwa ada beberapa oknum yang mencoba menggagalkan proyek tersebut dengan menyebarkan isu miring kepada berbagai instansi terkait. Meskipun demikian, Sumarling meminta agar koperasi tetap solid dalam menghadapi hal tersebut.

Menyikapi hal tersebut, Camat Lampasio, Moh. Yasin, menyatakan bahwa keberadaan oknum yang ingin menggagalkan proyek tersebut mengganggu perjuangan masyarakat Desa Oyom. Namun, ia menegaskan bahwa pihaknya akan terus berjuang untuk memastikan semua proses perizinan berjalan lancar.

Ketua-ketua koperasi binaan PT. SMS juga siap untuk memasang badan jika ada yang mencoba menghalangi proses IPR dan jalannya proyek tersebut. Sementara itu, Ketua BPD Arham AR menyatakan dukungan penuhnya terhadap proyek PT. SMS, menyebut antusiasme masyarakat Desa Oyom sangat luar biasa.

BACA JUGA :  Jembatan Desa Bajugan Ambrol, Jalan Trans Sulawesi Sulteng - Gorontalo Terputus

“Proyek tambang ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Kami berharap tidak akan ada kendala dan semoga semua proses perizinan dapat diselesaikan dengan lancar,” tambahnya.

Dengan semangat persatuan dan dukungan yang kuat dari masyarakat dan pemerintah setempat, proyek tambang rakyat PT. SMS di Desa Oyom diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi pengembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat.***