Tutup
Sulawesi Tengah

Kabupaten Morowali Raih Penghargaan Adipura 2023 untuk Pertama Kalinya

×

Kabupaten Morowali Raih Penghargaan Adipura 2023 untuk Pertama Kalinya

Sebarkan artikel ini
Penjabat (Pj) Bupati Morowali, Ir. H. A. Rachmansyah Ismail, M.Agr, MP menerima piala adipura

JAKARTA, Kabar Selebes – Di bawah kepemimpinan Penjabat (Pj) Bupati Morowali, Ir. H. A. Rachmansyah Ismail, M.Agr, MP, dengan motto “Gerak Cepat, Bekerja Ikhlas”, Kabupaten Morowali berhasil meraih penghargaan bergengsi Adipura Tahun 2023 untuk pertama kalinya.

Pencapaian membanggakan ini menjadikannya satu-satunya kabupaten di Sulawesi Tengah (Sulteng) yang menerima penghargaan tersebut bersama Kota Palu dan Kota Parigi.

Advertisment
Scroll hingga akhir

Penghargaan Adipura Tahun 2023 diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin, didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar, di Kantor Kementerian LHK RI, Jakarta, 5 Maret 2024. Kabupaten Morowali menerima penghargaan dalam kategori Kota Kecil.

Adipura merupakan penghargaan tahunan yang diberikan oleh Kementerian LHK kepada kota-kota di Indonesia yang menunjukkan prestasi dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan. Pencapaian ini menjadi bukti nyata komitmen dan kerja keras Pemkab Morowali dalam mewujudkan lingkungan yang bersih, hijau, dan berkelanjutan.

Pj Bupati Rachmansyah Ismail menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas penghargaan ini. Ia menegaskan bahwa keberhasilan ini tidak lepas dari peran aktif seluruh komponen masyarakat Morowali dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.

“Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta,” ujar Pj Bupati Rachmansyah Ismail. “Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam mewujudkan Morowali yang bersih dan berkelanjutan.”

Berbagai program telah diinisiasi oleh Pemkab Morowali untuk mengatasi berbagai tantangan lingkungan. Upaya tersebut membuahkan hasil dengan diraihnya penghargaan Adipura 2023. Penghargaan ini bukan hanya menjadi prestise semata, tetapi juga menjadi motivasi bagi Pemkab Morowali untuk terus meningkatkan kualitas lingkungan dan mewujudkan Morowali yang lebih baik di masa depan.

Bersama Pj Bupati Morowali, turut hadir dalam acara penerimaan penghargaan ini Wakil Ketua TP-PKK Morowali sekaligus Kadis Koperasi dan UMKM, Ny. Hj. Siti Asmaul Husna Syah SE., MM., M.Si., Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Elyta Gawi, ST., MT., Kepala Dinas PUPR, Rustam Sabalio ST., MT., Kadis Kominfo, Statistik dan Persandian, Badiuz Zaman, ST., MT., bersama Kabid Informasi dan Komunikasi Publik, Diskominfo Albakarah Firmansyah S.Sos, Kabid Penaatan dan peningkatan kapasitas lingkungan, Hamlin, S.Hut. MPw, dan Pimpinan OPD lainnya.

Pencapaian ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain di Indonesia untuk terus meningkatkan upaya dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.***