Sulawesi Tengah

Eks Teroris MIT Poso ini Pergunakan Kesempatan Kedua untuk Bantu Orang tua dan Anak-anak di Pesisir

33
×

Eks Teroris MIT Poso ini Pergunakan Kesempatan Kedua untuk Bantu Orang tua dan Anak-anak di Pesisir

Sebarkan artikel ini
Editor: Abdee Mari
Muh. Rijal alias Rijal Bin H. Yonta

POSO, Kabar Selebes – Muh. Rijal alias Rijal Bin H. Yonta, mantan narapidana kasus terorisme jaringan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso, telah menemukan jalan baru dalam hidupnya setelah menjalani masa hukuman.

Mengubah kehidupan dari yang dulu terlibat dalam aksi-aksi terorisme menjadi pilar positif di masyarakat, Rijal kini menjadi contoh inspiratif bagi banyak orang.

Rijal terlibat dalam beberapa kegiatan terorisme, termasuk mendukung dan membantu kelompok MIT Poso. Namun, setelah diadili dan menjalani hukuman penjara selama empat tahun, Rijal mengubah arah hidupnya.

BACA JUGA :  Pengacara YAMS Siap Kawal Masyarakat Poso Jika Penyaluran BLT Tidak Tepat Sasaran

Setelah dibebaskan dengan status bebas bersyarat pada Februari 2022, ia kini fokus membantu orang tua di wilayah Pegunungan Padopi serta memberikan pendidikan agama kepada anak-anak di Desa Towu, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso.

“Mendapatkan kesempatan kedua dalam hidup ini membuat saya sadar akan kesalahan yang pernah saya lakukan. Saya bertekad untuk tidak mengulangi kesalahan masa lalu dan menjadi bagian yang positif dalam masyarakat,” ujar Rijal.

Komitmen Rijal dalam memperbaiki diri dan membantu masyarakat tidak berhenti di situ. Dia juga secara terbuka mengucapkan terima kasih kepada pihak Kepolisian yang telah memantau dan mendukung proses rehabilitasinya.

BACA JUGA :  Bantu Warga Berpuasa, SPBU Moengko Bagikan Takjil Gratis

Lebih dari itu, Rijal berharap agar kunjungan dari pihak Kepolisian tidak hanya sebatas itu, melainkan menjadi bagian dari upaya memperkuat silaturahmi dan kerjasama untuk menjaga keamanan di wilayah Kabupaten Poso yang semakin kondusif.

“Penting bagi saya untuk mempererat hubungan dengan pihak kepolisian karena itu merupakan langkah yang krusial dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat,” tambah Rijal.

Dengan berbagai pengalaman yang dia dapatkan selama masa hukuman, Rijal juga berkomitmen untuk terus mendukung kebijakan pemerintah dan membantu pihak kepolisian dalam mencegah penyebaran paham radikal, intoleran, serta terorisme, khususnya di wilayah Poso Pesisir Utara.

BACA JUGA :  Sukamto Alias Abi Fayiz: dari simpatisan MIT menjadi pendukung Kepolisian dan Masyarakat

“Yang terpenting, mari kita bersama-sama menjaga kedamaian dan keamanan wilayah kita. Pengalaman saya menjadi pelajaran berharga bagi saya dan bagi siapa pun yang ingin membuat perubahan positif dalam hidup,” tegas Rijal.

Transformasi yang dilakukan oleh Muh. Rijal alias Rijal Bin H. Yonta menjadi bukti bahwa siapapun dapat memperbaiki diri dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, asalkan ada tekad dan kesungguhan untuk melakukannya.(***)