Sulawesi Tengah

AMSI Sulteng Dampingi Verifikasi Faktual Media SulawesiToday.com di Parigi Moutong

12
×

AMSI Sulteng Dampingi Verifikasi Faktual Media SulawesiToday.com di Parigi Moutong

Sebarkan artikel ini
Penulis: Firsha
Ketua AMSI Sulteng Muhammad Ikbal dan Sekretaris Abdee Mari mendampingi verifikasi faktual terhadap media SulawesiToday.com oleh Dewan Pers, Senin (18/3/2024).(Foto: dok AMSI Sulteng)

PARIGI, Kabar Selebes – Dewan Pers hari ini, 18 Maret 2024, melakukan verifikasi faktual terhadap sejumlah media siber di Indonesia, termasuk SulawesiToday.com yang bermarkas di Kabupaten Parigi Moutong.

Verifikasi faktual ini dilakukan secara virtual dan dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Pers Dr. Ninik Rahayu, didampingi Wakil Ketua Agung Damajaya dan sejumlah komisioner seperti Sapto Anggoro.

BACA JUGA :  AMSI, IJTI dan PFI Luncurkan Logo Semarak Media Digital 2022 di Palu 

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulawesi Tengah ditunjuk sebagai saksi Dewan Pers dalam proses verifikasi ini. Ketua AMSI Sulteng Muhammad Ikbal dan Sekretaris Abdee Mari mendampingi seluruh proses, mulai dari pemeriksaan berkas perusahaan, fisik kantor, hingga konten.

Tim Verifikasi Faktual Dewan Pers terdiri dari Winarto (tenaga ahli), Deritawati (Kabag Pengembangan Pers dan Hubla), dan Sri Lestari (Kasubag Pengembangan Pers).

BACA JUGA :  AMSI luncurkan Program Agregrator bernama Amsinews

Sementara dari SulawesiToday, hadir Direktur Muhammad Rafii dan Pemimpin Redaksi Hamdi Anwar.

Winarto, Tim Ahli Dewan Pers, mengatakan bahwa verifikasi faktual merupakan bagian penting bagi sebuah perusahaan pers.

“Verifikasi faktual diperlukan untuk membuat keputusan final bahwa sebuah perusahaan pers sepenuhnya dapat dipercaya dalam memproduksi berita,” kata Winarto.

Proses verifikasi faktual ini diharapkan dapat meningkatkan kredibilitas media siber di Indonesia, khususnya SulawesiToday.com, dan memberikan jaminan kepada publik bahwa informasi yang disajikan akurat dan terpercaya.**