Sulawesi Tengah

Gelar Safari Ramadhan, Kanwil Kemenkumham Sulteng Memperkuat Iman dan Takwa Bagi Pegawai

13
×

Gelar Safari Ramadhan, Kanwil Kemenkumham Sulteng Memperkuat Iman dan Takwa Bagi Pegawai

Sebarkan artikel ini
Editor: Abdee Mari
Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar saat sfarai ramadhan dengan pegawai Kanwil Kemenkumham Sulteng.(Foto: ist)

PALU, Kabar Selebes – Pada hari ke-7 Ramadhan 1445 Hijriah, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulteng menggelar Safari Ramadhan, sebuah momentum penting untuk memperkuat iman dan takwa bagi jajaran pegawai di wilayah tersebut. Acara ini tidak hanya dihadiri oleh umat Muslim di sekitar Kanwil Kemenkumham Sulteng, tetapi juga melibatkan umat non-Muslim dari Kantor Wilayah, Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan, dan Imigrasi.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesalehan dan keimanan pegawai Kemenkumham Sulteng di bulan suci Ramadhan. Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, yang kemudian dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustad Dr. H. Taufik Abdur Rahim.

“Dalam ketaatan sebagai umat Islam, kita harus bersyukur karena masih diberi kesempatan bertemu dengan bulan suci Ramadhan tahun ini. Bulan Ramadhan adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Pada bulan ini, segala amal kebaikan umat Muslim akan mendapat balasan yang berlipat ganda, terutama bagi yang menjalankan ibadah puasa dengan penuh kesungguhan,” ungkap Kepala Kanwil Hermansyah Siregar.

Lebih lanjut, Hermansyah Siregar menegaskan kewajiban berpuasa yang ditetapkan oleh Allah SWT sebagaimana yang tercantum dalam surah Al Baqarah ayat 183, yang mewajibkan umat Islam untuk berpuasa dengan tujuan agar mereka menjadi lebih bertaqwa.

“Hakikat dari puasa adalah untuk menahan diri dari makan dan minum sepanjang hari, serta menjauhi segala hal yang dapat membatalkan puasa. Di bulan puasa ini, umat diajarkan untuk mengendalikan hawa nafsu,” tambahnya.

Safari Ramadhan juga dirangkaikan dengan pelaksanaan Shalat Maghrib dan Tarawih berjamaah yang dilaksanakan di Aula Garuda Kantor Wilayah, dengan H. Burhan Munawir sebagai imam. Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Ricky Dwi Biantoro, Kepala Divisi Imigrasi, Arief Hazairin Satoto, serta Pelaksana Harian Kepala Divisi Yankumham, Herlina. Acara ini diharapkan dapat memberi manfaat yang besar bagi semua peserta, baik dari segi spiritual maupun koneksi sosial.***