Kuliner

Inilah 5 Makanan Khas Berbuka Puasa di Kota Palu yang Paling Banyak Diburu, Kue Tetu masih yang Paling Laris

102
×

Inilah 5 Makanan Khas Berbuka Puasa di Kota Palu yang Paling Banyak Diburu, Kue Tetu masih yang Paling Laris

Sebarkan artikel ini
Editor: Abdee Mari
Tangkapan layar kue tetu. (Youtube Tikha Family)

PALU, Kabar Selebes – Kota Palu, sebagai salah satu pusat kuliner di Sulawesi Tengah, memiliki kekayaan ragam makanan yang menggoda selera, terutama saat bulan suci Ramadhan tiba.

Berbuka puasa di Kota Palu menjadi momen yang dinanti-nantikan oleh banyak orang, terutama untuk menikmati hidangan khas yang paling banyak dapat ditemui di sini.

Di hari ke-8 Ramadhan, sejumlah jajanan khas yang menjadi takjil berbuka puasa setidaknya ada 5 takjil yang paling banyak diburu warga.

Berikut adalah lima makanan khas berbuka puasa di Kota Palu yang wajib Anda coba:

1. Kue Tetu

Kue tetu adalah salah satu makanan khas yang sangat identik dengan Kota Palu. Terbuat dari tepung beras dan parutan kelapa yang dicampur dengan gula merah, kemudian dibentuk seperti dadu kecil dan dikukus hingga matang. Rasanya manis legit dengan aroma kelapa yang khas, membuat kue tetu menjadi camilan yang sangat cocok untuk berbuka puasa.

BACA JUGA :  BAF Berbagi Kebahagiaan dengan 1.200 Anak Yatim di Bulan Ramadan

2. Pisang Ijo

Pisang ijo adalah hidangan manis yang terbuat dari pisang yang dibungkus dengan adonan tepung berwarna hijau dari tepung beras, kemudian direbus dan disajikan dengan sirup santan dan es serut. Rasanya segar dan manis, cocok untuk menyegarkan tenggorokan setelah seharian berpuasa di tengah cuaca yang panas.

3. Jalangkote

BACA JUGA :  Sambut Ramadhan, Pekuburan Massal Korban Bencana di Palu Mulai Ramai Diziarahi Warga

Jalangkote merupakan jajanan khas Palu yang terdiri dari kulit lumpia yang diisi dengan campuran ubi, wortel, dan daging cincang, kemudian digoreng hingga menjadi kering dan renyah. Jalangkote biasanya disajikan dengan saus sambal atau saus kacang, memberikan cita rasa yang gurih dan pedas yang sangat menggugah selera.

4. Barongko

Barongko adalah makanan tradisional Sulawesi Tengah yang sering disajikan saat bulan Ramadan tiba. Terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, gula merah, dan pisang, kemudian dikukus hingga matang. Rasanya manis legit dengan aroma harum kelapa, membuat barongko menjadi hidangan penutup yang lezat untuk berbuka puasa.

BACA JUGA :  Akibat Corona, Jasa Angkutan Darat Sepi Penumpang Meski Jelang Idul Fitri

5. Kue Lapis

Kue lapis adalah kue tradisional Indonesia yang juga populer di Kota Palu. Terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan gula, kemudian dikukus secara bertahap hingga menjadi lapisan yang padat dan berwarna-warni. Rasanya manis dengan tekstur yang lembut, membuat kue lapis menjadi hidangan yang cocok untuk dinikmati saat berbuka puasa.

Dengan berbagai macam pilihan makanan khas berbuka puasa yang lezat dan menggugah selera di Kota Palu, Anda dapat merasakan kenikmatan dan kelezatan hidangan tradisional yang hanya dapat ditemui di sana. Selamat menikmati berbuka puasa dengan penuh kebahagiaan dan kenikmatan!