Pemilu 2024

Resmi Ditetapkan KPU, Inilah 5 Anggota DPD Sulawesi Tengah dengan Jumlah Perolehan Suara Tertinggi di Pemilu 2024

283
×

Resmi Ditetapkan KPU, Inilah 5 Anggota DPD Sulawesi Tengah dengan Jumlah Perolehan Suara Tertinggi di Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Editor: Abdee MariSumber Berita
Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat provinsi Sulawesi Tengah untuk tetapkan calon anggota DPD Sulteng.(Foto: ANTARA)

PALU, Kabar Selebes – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah (Sulteng) secara resmi menetapkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) wilayah Sulawesi Tengah.

Menurut Ketua KPU Sulteng, Risvirenol, dalam proses rekapitulasi terdapat sejumlah kejadian khusus dan/atau keberatan dari saksi, namun hasil rekapitulasi telah ditetapkan secara nasional oleh KPU RI.

“Provinsi Sulawesi Tengah dalam rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) memiliki hasil yang sudah disetujui secara nasional oleh KPU RI,” ujarnya di Palu, Senin.

BACA JUGA :  DCT Anggota DPRD Provinsi Sulteng Resmi Ditetapkan, ada 6 Parpol ajukan Calon tidak Penuh

Risvirenol menjelaskan bahwa berdasarkan data hasil rekapitulasi, terdapat 2.236.730 jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Sulawesi Tengah, dengan jumlah pengguna hak pilih dalam DPT sebanyak 1.757.109 orang. Sementara jumlah pengguna hak pilih dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) DPD Sulteng sebanyak 21.450 orang, dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) sebanyak 38.129 orang, menjadikan total jumlah pengguna hak pilih DPD di Sulawesi Tengah sebanyak 1.816.688 orang.

BACA JUGA :  KPU Sulteng Siapkan Data Pemilih di Lokasi Khusus

Dari hasil rekapitulasi tersebut, lima calon anggota DPD daerah pemilihan Sulawesi Tengah meraih suara tertinggi, dengan capaian tertinggi sebesar 183.470 suara.

“Perolehan suara calon anggota DPD Sulteng berdasarkan hasil rekapitulasi suara yakni Febriyanthi Hongkiriwang dengan 183.470 suara, Abcandra Muhammad Akbar Supratman dengan 181.655 suara, Rafiq Al-Amri dengan 162.585 suara, Andhika Mayrizal Amir dengan 130.859 suara, dan Abdul Rachman Thaha dengan 102.821 suara,” ungkap Risvirenol.

BACA JUGA :  DKPP Lantik Tim Pemeriksa Daerah di 38 Provinsi untuk Periode 2023-2024

Sementara itu, terkait pemilihan pasangan calon presiden dan wakil presiden di Sulawesi Tengah pada Pemilu 2024, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meraih suara tertinggi, diikuti oleh pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Hasil ini memberikan gambaran tentang preferensi politik masyarakat Sulawesi Tengah dalam pemilihan kepala negara.***