Sulawesi Tengah

Rakor Desa Wisata Sulteng Digelar di Kepulauan Togean, Pulau Papan Dipilih sebagai Tuan Rumah

103
×

Rakor Desa Wisata Sulteng Digelar di Kepulauan Togean, Pulau Papan Dipilih sebagai Tuan Rumah

Sebarkan artikel ini
Penulis: Saiful HulungoEditor: Abdee Mari
Pulau Papan. (Foto: ist)

AMPANA, Kabar Selebes – Kepulauan Togean dipilih kembali sebagai lokasi pusat kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Desa Wisata Sulawesi Tengah. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Biro Kesra Provinsi Sulawesi Tengah bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata, Bappenas, dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Unauna, DR. Sovianur Kure, dalam pernyataannya kepada media pada 20 Maret 2024, menyambut baik keputusan ini atas nama pemerintah daerah. Dia menjelaskan bahwa Pulau Papan, Desa Kadoda, dipilih sebagai tuan rumah karena merupakan salah satu destinasi Desa Wisata yang menarik bagi wisatawan.

BACA JUGA :  Sudah Empat Tahun Proyek Kemendes Pulau Papan  Terbengkalai

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tojo Unauna, Moh. Arsyad, menjelaskan bahwa Rakor Desa Wisata Sulteng akan membahas pengembangan dan pengelolaan Desa Wisata di Sulawesi Tengah.

“Para peserta termasuk kepala dinas pariwisata dari berbagai kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah, Dinas Pariwisata Provinsi, serta instansi terkait lainnya. Turut serta juga para kepala desa se-Sulawesi Tengah, yayasan Desa Wisata Nusantara (DEWISNU), PHRI, dan HPI,” kata Moh. Arsyad.

BACA JUGA :  Rakor Desa Wisata Sulteng di Togean Dibatalkan karena Kekurangan Air

Pelaksanaan Rakor Desa Wisata ini dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 22 Maret hingga 23 Maret. Dikatakan bahwa segala persiapan terkait fasilitas, akomodasi, dan transportasi sudah disiapkan dengan baik.

Bahkan, rumah-rumah penduduk atau homestay di Pulau Papan juga telah disiapkan untuk kebutuhan peserta, ungkap Arsyad, Kadis Pariwisata Tojo Unauna.(shl)