Sulawesi Tengah

Komitmen Jalankan Keberlanjutan, PT SJA2 Diapresiasi Jurnalis Poso

34
×

Komitmen Jalankan Keberlanjutan, PT SJA2 Diapresiasi Jurnalis Poso

Sebarkan artikel ini
Penulis: NurlelaEditor: Abdee Mari
PT Sawit Jaya Abadi 2 (SJA 2) dan Astra Agro Area Sulawesi menggelar silaturahmi dan buka puasa bersama rekan-rekan Jurnalis di Poso, Selasa (19/3).

POSO, Kabar Selebes – PT Sawit Jaya Abadi 2 (SJA 2) berkomitmen dalam menjalankan keberlanjutan. Hal ini disampaikan Public Relations (PR) Astra Agro Area Sulawesi, Prasetyo Edho Wibowo dalam acara silaturahmi dan buka puasa bersama rekan-rekan Jurnalis di Poso, Selasa (19/3/2024).

“Kami tahu dan kami menyaksikan sendiri bagaimana masyarakat menerima manfaat terhadap keberadaan Astra disini, ditengah-tengah tantangan yang luar biasa,” ujar Syamsuadi, salah satu jurnalis senior di Poso dalam sambutannya.

Sekretaris PWI Kabupaten Poso ini menegaskan bahwa rekan-rekan jurnalis akan terus mendukung selama aktivitas yang dilakukan memiliki aspek sosial yang terbangun.
“Kami yakin dan percaya selama itu terjadi, selama itu juga kami orang-orang media akan selalu bersama,” ungkapnya.

Sebagai salah satu anak usaha Astra Agro yang beroperasi di wilayah Kabupaten Poso, PT SJA 2 konsisten dan berkomitmen penuh pada prinsip keberlanjutan melalui Astra Agro Sustainability Aspirations 2030 dan Triple-P Roadmap Strategy.

“Triple-P Roadmap mencakup tiga pilar utama, yakni Portofolio, People dan Public Contribution,” ujar Edho panggilannya.

Lebih lanjut, Edho menjelaskan pilar pertama, Portofolio, merupakan komitmen dalam menjalankan tata kelola perusahaan yang berkelanjutan. PT SJA 2 telah menerapkan Zero Waste dengan memanfaatkan kembali limbah padat dan cair kelapa sawit.

Cangkang dan fiber kelapa sawit dimanfaatkan sebagai bahan bakar boiler untuk pabrik kelapa sawit, sedangkan limbah cair dijadikan pupuk melalui sistem yang dinamakan Land Application.

Pilar kedua, People, yakni dengan fokus pada pengembangan SDM dengan mengedepankan keberagaman, kesetaraan gender dan inklusif (diversity, equity and inclusion).

Serta pilar ketiga, Public Contribution yang dijalankan melalui program-program Corporate Social Responsibility (CSR) yang juga dipecah dalam 4 fokus, meliputi pilar ekonomi, pendidikan, kesehatan dan juga lingkungan.

Turut hadir dalam kegiatan buka puasa tersebut, Community Development Officer (CDO) PT SJA 2, Reymond Ugi, Tim Komunikasi Astra Agro, Syahidah Nurbivi Vhasti, serta rekan-rekan Jurnalis yang ada di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Syamsuadi juga menegaskan bahwa perjuangan awak media adalah menyuarakan aspirasi masyarakat dan juga orang-orang yang merasa terbantu.

“Kalau Astra (PT SJA 2) melalui konsepsi ekonomi, kami melalui jurnalistik, melalui media, itu lah arena perjuangan kami,” tegas Syamsuadi.
Ia berharap PT SJA 2 dan rekan-rekan jurnalis akan selalu terkoneksi karena memiliki tujuan yang sama, yakni bagaimana masyarakat bisa memperoleh dampak baik dan merasakan kesejahteraan.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Poso, Rusli Suwandi mengucapkan terima kasih serta mengapresiasi PT SJA 2 atas harmonisasi dan sinergitas yang selama ini dibangun dan terpelihara dengan baik. Ia mengatakan bahwa setiap tahun PT SJA 2 selalu menggelar buka puasa bersama dengan rekan-rekan jurnalis dan tidak pernah berhenti menjalin silaturahmi.

“Buah pisang buah pepaya, enaknya disajikan diatas meja. Selamat datang di Kafe Inada, berbuka puasa dengan PT SJA,” tutup Rusli dengan berpantun diiringi tepuk tangan hadirin yang hadir dalam kegiatan tersebut.(*)