Sulawesi Tengah

Puluhan Karyawan Alami Sesak Nafas Akibat Kebocoran Pipa Gas Acid di PT MTI, Begini Penjelasan pihak IMIP

75
×

Puluhan Karyawan Alami Sesak Nafas Akibat Kebocoran Pipa Gas Acid di PT MTI, Begini Penjelasan pihak IMIP

Sebarkan artikel ini
Editor: Abdee Mari
Situasi kebocoran di pabrik MTI kawasan IMIP

MOROWALI, Kabar Selebes – Kebocoran pipa gas acid di area pabrik PT Merdeka Tsingshan Indonesia (MTI) di dalam Kawasan Industri Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) telah menyebabkan puluhan karyawan mengalami sesak nafas dan pusing. Peristiwa ini terjadi pada Selasa (19/3) sekitar pukul 23.00 WITA saat proses commissioning pabrik sedang berlangsung.

“Dedy Kurniawan, Communication and Media Relation Head PT IMIP, mengonfirmasi bahwa tim MTI mendeteksi kebocoran gas sekitar satu jam setelah proses commissioning dimulai,” ujar Kurniawan pada Rabu (20/3/2024).

BACA JUGA :  Bandara Khusus PT IMIP Resmi Dioperasikan

Meskipun tidak ada korban jiwa, 40 karyawan dari empat perusahaan yang berdekatan dengan PT MTI harus segera mendapatkan pertolongan di fasilitas klinik PT IMIP karena mengalami gejala sesak nafas dan pusing akibat terpapar gas yang terbawa angin dari lokasi kejadian.

“Saat ini, seluruh karyawan yang terpapar telah menjalani perawatan selama empat jam dan dinyatakan dalam kondisi normal sebelum diijinkan pulang,” tambah Kurniawan.

BACA JUGA :  Kapolres Morowali Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 16 Personel

Meskipun situasi di dalam pabrik MTI dan sekitarnya telah terkendali, lokasi kejadian tetap ditutup untuk kepentingan investigasi. Namun, Kurniawan menegaskan bahwa kebocoran gas tersebut tidak berdampak pada pemukiman penduduk setempat, seperti yang terkonfirmasi dari hasil pengujian kadar udara di Desa Labota yang menunjukkan nihilnya kandungan SO2.

“Dengan hasil pengujian yang menunjukkan nihilnya kandungan SO2 di sekitar Desa Labota, masyarakat tidak perlu khawatir akan dampak dari kebocoran pipa gas acid tersebut,” pungkas Kurniawan.***