Sulawesi Tengah

Presiden Jokowi Kunjungi Enam Kabupaten Sulawesi Tengah dalam Kunjungan Kerja 2 Hari

196
×

Presiden Jokowi Kunjungi Enam Kabupaten Sulawesi Tengah dalam Kunjungan Kerja 2 Hari

Sebarkan artikel ini
Editor: Abdee Mari
Rapat koordinasi wilayah yang dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Rudi Dewanto, bersama sejumlah pejabat tinggi, termasuk Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya dan Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Dody Triwinarto.(Foto : Dinas Kominfo Santik Sulteng)

PALU, Kabar Selebes – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja selama dua hari di Provinsi Sulawesi Tengah, mengunjungi enam kabupaten sekaligus. 

Kedatangan Presiden Jokowi disambut dengan rapat koordinasi wilayah yang dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Rudi Dewanto, bersama sejumlah pejabat tinggi, termasuk Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya dan Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Dody Triwinarto.

Rapat koordinasi ini bertujuan untuk memastikan kelancaran agenda kunjungan kerja Presiden Jokowi sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan. 

Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, berharap agar kunjungan tersebut berjalan dengan baik, sementara Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya menekankan pentingnya persiapan dari pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, serta TNI/Polri untuk menjaga keamanan selama kunjungan.

Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi diagendakan untuk meresmikan sejumlah proyek pembangunan infrastruktur dan layanan publik, termasuk ruas jalan, pasar, bandara, dan fasilitas kesehatan. Selain itu, Presiden juga membawa bantuan sembako yang akan didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Sementara itu, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya juga menyampaikan agar pemerintah Provinsi dan Kabupaten dan Kota bersama TNI/Polri, dapat mempersiapkan seluruh agenda kunjungan kerja Bapak Presiden Jokowi dengan baik. 

Untuk pengamanan, Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Dody Triwinarto, mengerahkan ± 5.000 personil dari pasukan gabungan TNI dan Polri.

BACA JUGA :  Akan Dihadiri Presiden Jokowi, Muktamar Besar Alkhairaat ke-11 dilaksanakan di Sigi

Dody menekankan agar semua stakeholder bertanggungjawab disetiap agenda kegiatan dan sedapat mungkin setiap agenda kegiatan dapat berjalan sesuai waktu yang telah ditetapkan.

“Jika terjadi keterlambatan waktu, akan mempengaruhi kegiatan-kegiatan selanjutnya. Olehnya saya berharap agar tepat waktu”, ucap jenderal bintang satu itu. 

Sementara, Kapolda Sulteng diwakili Karo Ops Polda Sulteng Kombes Pol. Ferdinand menyampaikan jajaran Polda Sulteng bersama TNI menyatakan kesiapan untuk melakukan pengamanan kunjungan kerja tersebut. 

Hasil rapat yang dilaksanakan secara hybrid itu memutuskan beberapa hal  yakni ; Presiden Jokowi diagendakan tiba di Palu Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah tanggal 26 Maret 2026 menggunakan pesawat Kepresidenan. Selanjutnya, bersama rombongan menuju Kabupaten Banggai menggunakan pesawat ATR 700. Transit di Banggai, selanjutnya Presiden RI bersama rombongan terbatas menuju Kabupaten Banggai Kepulauan menggunakan Heli Super Puma.

Kedatangan Presiden RI ke Kabupaten Banggai Kepulauan untuk meresmikan proyek ruas jalan  Inpres Jalan Daerah IJD) serta meninjau pembangunan Pasar Salakan. 

Setelah dari Bangkep, Presiden Jokowi  kembali ke Kabupaten Banggai dan selanjutnya bertolak menuju Kota Palu.

Tiba di Kota Palu, teragendakan Presiden Jokowi akan meresmikan 5 bandara sekaligus, yaitu : Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Bandara Prins Mandapar Banggai Laut, Bandara Taman Bung Karno – Siau, Bandara Bolaang Mongondow dan Bandara Panua Pohuwato-Gorontalo.

BACA JUGA :  Presiden Joko Widodo Tenteng Oleh-Oleh Durian dari Banggai Kepulauan

Usai meresmikan bandara, Presiden RI bersama rombongan menuju RSUD Anutapura Palu guna melakukan pengresmian proyek-proyek  revitalisasi, yaitu : RSUD Anutapura Palu, UIN Datokarama Palu serta Hunian Tetap di Kota Palu dan Kabupaten Sigi. 

Di sela-sela pertemuan, pihak Biro Protokol Kepresidenan menyampaikan bahwa dalam setiap kunjungannya, Presiden membawa bantuan sembako yang akan dibagi kepada masyarakat yang berhak menerima. Olehnya, Syaiful berharap agar dalam setiap pertemuan dihadirkan pihak penerima manfaat, masyarakat serta pihak-pihak terkait lainnya sebagai undangan. 

Setelah dari RSUD Anutapura, Presiden Jokowi menuju ketempat peristirahatan di salah satu hotel di Kota Palu.

Di sela-sela kunjungannya, Presiden Jokowi juga akan melaksanakan Shalat Isya dan Tarawih di Masjid Al – Aqsha Korem 132/Tadulako.

Kunjungan kerja dihari kedua di Sulteng (27/3/2024), terjadwal Presiden dua periode itu bersama rombongan terbatas menuju Pelabuhan Wani untuk melakukan pengresmian tiga proyek pembangunan pelabuhan yaitu Pelabuhan Pantoloan Kota Palu serta Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Gonenggati di Donggala. 

Setelah dari Wani Presiden bersama rombongan melanjutkan kegiatan menuju ke Kabupaten Sigi untuk mengresmikan proyek pembangunan irigasi Gumbasa dan rekonstruksi Daerah Irigasi Gumbasa.

Mengakhiri kunjungan kerjanya di Sulawesi Tengah, Presiden Jokowi bersama rombongan terbatas terbang menuju Kabupaten Toli-Toli guna melalukan peninjauan RSUD Mokopido dan Gudang Bulog. Dalam peninjauan ini terjadwal Presiden akan  menyerahkan bantuan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD).

BACA JUGA :  Presiden Jokowi resmi tunjuk 10 penjabat gubernur, akan dilantik 5 September

Dari Kabupaten Tolitoli, Presiden Jokowi kembali ke Kota Palu untuk selanjutnya kembali bertolak ke Jakarta.

Di tengah kunjungannya, Bupati Banggai Amiruddin Tamoreka juga mengajukan permohonan agar Presiden Jokowi meresmikan pembangunan kawasan wisata Kilo 5 Luwuk melalui penandatanganan prasasti. Permohonan ini disambut dengan baik oleh pihak Biro Protokol Kepresidenan.

“Kami mohon dapat diagendakan pengresmian kawasan wisata Kilo 5 Luwuk melalui penandatanganan prasasti oleh Bapak Presiden, walaupun pembangunannya hanya melalui APBD dan dengan jumlah biaya yang kecil, tapi dapat menggembirakan pemerintah dan masyarakat Banggai,” ujar Bupati Amiruddin.

Turut hadir dalam rapat berlangsung di Ruang Polibu Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, pada Minggu (24/3/2024) dihadiri Bupati Sigi Moh. Irwan Lapatta, Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, Asisten II Kabupaten Donggala, Sofyan Dg. Malaba, Pimpinan OPD Lingkup Pemprov Sulteng, Kepala Perum Bulog, Kepala Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Kepala KSOP Teluk Palu, Pimpinan Instansi Vertikal, Bupati Banggai, Amiruddin Tamoraka, Pj Bupati Banggai Kepulauan, Ikhsan Basir Nurdin dan Bupati Toli-Toli, Amran H. Yahya.