Sulawesi Tengah

Bersama Merajut Keberkahan: Kanwil Kemenkumham Sulteng Gelar Safari Ramadhan dan Buka Puasa Bersama di Lapas Tolitoli

11
×

Bersama Merajut Keberkahan: Kanwil Kemenkumham Sulteng Gelar Safari Ramadhan dan Buka Puasa Bersama di Lapas Tolitoli

Sebarkan artikel ini

TOLITOLI, Kabar Selebes – Semangat kebersamaan dan keberkahan Ramadhan terasa kental dalam rangkaian kegiatan Safari Ramadhan yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng). Kali ini, acara tersebut digelar di Lapas Kelas III Tolitoli pada Minggu (31/03/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, didampingi oleh Kepala Divisi Administrasi, Raymond J.H Takasenseran, Kepala Divisi Keimigrasian, Arief Hazairin Satoto, serta para pejabat eselon II dan III Kanwil Kemenkumham Sulteng. Kehadiran mereka disambut dengan hangat oleh Kalapas Tolitoli, Muhammad Ishak, beserta jajarannya.

BACA JUGA :  Dorong Pembinaan Ideologi Pancasila, LPKA Palu Teken PKS Bersama Kesbangpol Kota Palu

Acara dimulai dengan tausiyah agama yang disampaikan oleh Ustadz Husni Mubarak dengan tema “Pilihan Allah”.

Dalam tausiyahnya, Ustadz Husni mengungkapkan makna dari pilihan Allah dalam kehidupan manusia. Ia menjelaskan bahwa segala hal yang terjadi di dunia ini adalah pilihan Allah, baik yang dianggap baik maupun yang dianggap buruk. Meskipun terkadang manusia sulit memahaminya, Allah SWT memiliki rencana yang sempurna bagi hamba-Nya.

BACA JUGA :  Kanwil Kemenkumham Sulteng dan DJKI Perkuat Posisi Penenun Donggala  untuk dapat Perlidungan Hukum

“Sebagai manusia kita memilih, tetapi Tuhan yang menentukan. Setelah kita memilih, maka baru jatuhlah takdir dari Allah. Diantara pilihan itu, Pertama makhluk hidup : Nabi pilihan Allah di Al-Quran berjumlah 25 dan hanya 5 Nabi yang bergelar Rasul Ulul Azmi. Kemudian, untuk tempat : Allah sudah memilih Ka’bah Makkah, tempat paling mulia di muka bumi. Dan ketiga, waktu yakni Allah telah memilih 1 bulan yang penuh kemuliaan yakni bulan suci Ramadhan,” ungkap Ustadz Husni.

BACA JUGA :  RDP bersama Komisi III DPR RI, Kanwil Kemenkumham Sulteng Pastikan Layanan Hukum dan HAM Berjalan Lancar

Kegiatan selanjutnya dilanjutkan dengan doa bersama dan buka puasa bersama, diikuti oleh Shalat Tarawih berjamaah. Acara ini menjadi wujud nyata dari semangat kebersamaan dan silaturahmi antara Kanwil Kemenkumham Sulteng, Lapas Tolitoli, serta masyarakat sekitar dalam merayakan bulan suci Ramadhan.**