Nasional

Gubernur Rusdy Mastura dan Sesneg Pratikno Sepakati Pembentukan Timsus Percepatan Perpres P3SEN

8
×

Gubernur Rusdy Mastura dan Sesneg Pratikno Sepakati Pembentukan Timsus Percepatan Perpres P3SEN

Sebarkan artikel ini
Editor: Abdee Mari
Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura didampingi M. Ridha Saleh, Tenaga Ahli Gubernur

JAKARTA, Kabar Selebes – Dalam pertemuan di kantor Kementerian Sekretariat Negara, Selasa (02/04/24), Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura dan Sekretaris Negara (Sesneg) Pratikno sepakat membentuk Tim Khusus (Timsus) untuk mempercepat penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Percepatan Pembangunan Penunjang Superhub Ekonomi Nusantara (P3SEN).

Gubernur Rusdy Mastura mengusulkan pembentukan Timsus seperti halnya timsus yang mengawal terbitnya Instruksi Presiden (Impres) 8 tahun 2022. Timsus ini diharapkan dapat secara sungguh-sungguh mengawal percepatan penerbitan Perpres P3SEN, mengingat perpres ini sangat strategis bagi pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di wilayah-wilayah penyangga Ibu Kota Negara (IKN).

BACA JUGA :  Lima Nama Diprediksi Bertarung di Pilgub 2024 Sulawesi Tengah

Gubernur Rusdy Mastura menegaskan bahwa ada tiga hal penting mengapa Perpres P3SEN harus segera diterbitkan:

  1. IKN dan wilayah penyangga, khususnya kawasan di Selat Makassar, akan menjadi geostrategis dan geopolitik baru di Indonesia, khususnya di kawasan timur.
  2. Kawasan ini akan menjadi episentrum pertumbuhan yang menunjang Indonesia sebagai episentrum pertumbuhan di ASEAN, sebagaimana ditegaskan oleh Presiden Joko Widodo di KTT ASEAN.
  3. Kawasan ini akan menjadi hub internasional, dan diharapkan hub laut tersebut berada di Sulteng.
BACA JUGA :  Tolak HGU PT. KAM, Perwakilan Masyarakat Adat Suku Taa Mamosalato mengadu ke Gubernur Sulawesi Tengah

Timsus disepakati terdiri dari Staf Ahli Presiden, salah satu Deputi di Kantor Staf Presiden (KSP), dan Tenaga Ahli Gubernur. Tim ini bertugas untuk mengawal dan membangun komunikasi, mengurai hambatan, dan mendorong Kementerian/Lembaga terkait untuk segera mengusulkan Rapat Terbatas (Ratas) kepada Presiden untuk membahas Perpres tersebut.

Menurut M. Ridha Saleh, Tenaga Ahli Gubernur yang mendampingi gubernur, setelah puasa akan diadakan satu kali rapat finalisasi draft Perpres P3SEN. Saat ini masih ada beberapa usulan judul Perpres, mengingat Perpres ini menyangkut tiga provinsi yaitu Sulteng, Sulawesi Barat (Sulbar), dan Sulawesi Selatan (Sulsel). Informasi yang diterima, draft 1 Perpres tersebut sudah tidak ada masalah.

BACA JUGA :  Gubernur Rusdy Mastura lantik Iskandar Nongtji menjadi Kadis Pangan Sulawesi Tengah

Pembentukan Timsus ini merupakan langkah visioner dari Gubernur Rusdy Mastura yang tidak banyak orang memiliki kemampuan seperti ini. M. Ridha Saleh pun menyaksikan langsung apresiasi dan kekaguman Staf Ahli Presiden atas inisiatif Gubernur Rusdy Mastura.***