Sulawesi Tengah

UIN Datokarama Palu dan Pemda Pasangkayu Bekerja Sama Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

8
×

UIN Datokarama Palu dan Pemda Pasangkayu Bekerja Sama Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Editor: Abdee Mari
Rektor UIN Datokarama, Prof. Lukman S Thahir

PALU, Kabar Selebes – Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat, menyatukan langkah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah tersebut.

Rektor UIN Datokarama, Prof. Lukman S Thahir, menyampaikan bahwa kolaborasi ini mencerminkan keterbukaan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasangkayu dan kepedulian pemerintah terhadap pengembangan kualitas hidup masyarakat.

“Kerja sama ini menandai komitmen kuat dari Pemerintah Kabupaten Pasangkayu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) generasi muda, guna menciptakan masyarakat yang unggul secara intelektual, moral, spiritual, dan keterampilan,” ujar Lukman Thahir.

BACA JUGA :  PT IMIP dan UIN Datokarama Palu Jalin Kolaborasi dan Dukung Pengembangan SDM

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor UIN Datokarama Prof. Lukman Thahir dan Bupati Pasangkayu, Yaumil Ambo Djiwa. Acara tersebut berlangsung di Rektorat UIN Datokarama, Palu, pada Kamis (4/4).

Ruang lingkup kerja sama mencakup program pendidikan S1, S2, dan S3, serta program penelitian dan pengabdian masyarakat, serta pengembangan kualitas pendidikan di Pasangkayu.

Tujuan utama dari kerja sama ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan aparat Pemerintah Daerah Kabupaten Pasangkayu, serta masyarakat pada umumnya. Selain itu, kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya dan fasilitas yang ada, guna mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

BACA JUGA :  Rektor UIN Datokarama Palu Ajak Umat Beragama Cegah Hoaks di Pemilu 2024

Prof. Lukman menekankan bahwa kerja sama ini juga membuka peluang bagi generasi muda di Pasangkayu untuk melanjutkan pendidikan di UIN Datokarama, baik pada jenjang strata satu maupun strata dua.

Selain itu, aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Pasangkayu juga diberikan kesempatan untuk melanjutkan studi pada jenjang strata dua dan strata tiga di UIN Datokarama Palu.

“Dalam bidang penelitian, UIN Datokarama akan berkolaborasi dengan Pemda Pasangkayu dalam melakukan riset di masyarakat, guna mendukung upaya pemerintah dalam percepatan pembangunan kualitas hidup masyarakat secara berkelanjutan,” tambahnya.

BACA JUGA :  UIN Datokarama Palu Gandeng HPN Pusat untuk Ciptakan 1000 Mahasiswa Entrepreneur

Selanjutnya, terkait dengan pengabdian kepada masyarakat, UIN Datokarama akan melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) tematik moderasi beragama dan KKN tematik stunting di wilayah Pasangkayu. Ini menjadi salah satu upaya untuk membina wawasan, moral, spiritual, dan keterampilan masyarakat di wilayah tersebut.

Bupati Pasangkayu, Yaumil Ambo Djiwa, mengucapkan terima kasih kepada UIN Datokarama atas kerja sama ini. Ia berharap kerja sama ini dapat menguatkan hubungan antara lembaga dan instansi, serta memberikan solusi dalam mengatasi permasalahan pembangunan manusia di Pasangkayu.***